Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran IPA di Kelas 7

5 Februari 2023   12:02 Diperbarui: 17 Februari 2023   14:43 1450
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran IPA (sumber foto: dokumentasi pribadi)

Pada hari Senin, tanggal 30 Januari 2023 pengawas pembina sekolah kami mengadakan supervisi akademik kepada dua orang guru yang ada di SMPN 2 Cibadak tentang pembelajaran berdiferensiasi. 

Salah satu guru yang disupervisi adalah saya sendiri yang ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai perwakilan yang mengajar di kelas 7. 

Allasan saya ditunjuk karena saya  adalah pengajar praktik di program guru penggerak angkatan ke-6., sehingga dianggap sudah mampu mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. 

Satu orang lagi adalah guru yang mengajar siswa di kelas 8 yang baru saja lulus dari pelatihan pendidikan profesi guru (PPG).

Sekilas Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi 

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beraneka ragam.

Ciri-ciri dari pembelajaran berdiferensiasi antara lain lingkungan belajar mengundang siswa untuk belajar, kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian yang berkelanjutan, guru memberikan respon atau menanggapi kebutuhan belajar siswa serta adanya manajemen kelas yang efektif.

Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, guru dapat melakukan berbagai macam cara, beberapa macam kegiatan dan beberapa macam pilihan agar siswa dapat mengeksploitasi isi kurikulum, memahami informasi yang dipelajarinya dengan baik dan dapat mendemonstrasikan apa yang sudah dipelajarinya.

Ada 3 hal yang harus diperhatikan oleh guru pada saat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. 

Pertama melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan 3 aspek yaitu kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar siswa.

Pemetaan kebutuhan belajar dapat dilakukan melalui wawancara, observasi atau melakukan survei menggunakan angket. Hal ini perlu dilakukan karena dari 32 orang siswa di kelas, tidak mungkin guru bisa memenuhi kebutuhan siswa satu persatu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun