Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu...

Pejuang Literasi || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Islamic Theology || Bekerja sebagai Reporter dan Penyiar Radio PPI Dunia.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

5 Fakta Unik Perkuliahan di Al-Azhar yang Jarang Diketahui

13 April 2019   17:12 Diperbarui: 14 April 2019   00:56 0 8 5 Mohon Tunggu...
5 Fakta Unik Perkuliahan di Al-Azhar yang Jarang Diketahui
Dok. Pribadi

Apakah kamu pernah mendengar tentang Universitas Al-Azhar di Mesir?

Saya yakin 100% bahwa secara umum masyarakat Indonesia sudah akrab dengan salah satu universitas tertua di Dunia ini. Apalagi bagi masyarakat yang sering mendengar ceramah Ustad Abdul Somad yang selalu viral di jagad dunia maya dan ditonton oleh jutaan orang.

Akhir-Akhir ini nama Universitas Al-Azhar di Mesir semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, pasalnya beliau seringkali menyebut Universitas Al-Azhar didalam ceramahnya, baik itu menyebutkan tentang ulama-ulamanya ataupun sejarah dan kisah-kisah hikmah tentang negeri ini.

Hal ini juga tak membuat kita heran, karena beliau sendiri memang alumni Universitas Al-Azhar, lalu kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di Darul Hadits Maroko.

Namun beliau sendiri mengakui bahwa Universitas Al-Azhar sangat berkesan dalam kehidupan dan memberikan dampak yang sangat besar dalam keilmuan beliau sendiri, hal itulah yang membuat beliau sering bernonstalgia dihadapan jamaah mengenang masa-masa beliau menuntut ilmu di Mesir.

Masih banyak lagi lainnya tokoh-tokoh di Indonesia maupun dunia yang merupakan alumnus Al-Azhar, karena Universitas ini merupakan salah satu universitas yang paling banyak memiliki mahasiswa asing di dunia.

Nah semakin penasaran kan dengan universitas yang satu ini? Yuk baca sejarah singkatnya!

Sejarah Universitas Al-Azhar
Universitas ini kerap disebut-sebut sebagai tertua di dunia, karena Al-Azhar didirkan pada tahun 932 M dibawah kekuasan Khalifah Bani Fathimiyyah yang menguasai Kairo kala itu. Sebenarnya masih ada universitas yang lebih tua dari Al-Azhar ini, namun gaung dan pengaruhnya belum sebesar Universitas Al-Azhar.

Bani fathimyyah merupakan kekhalifahan yang menguasai Jazirah Arab dan Timur Tengah sekitar tahun 400 Hijriah. Kekhalifahan ini menganut Aliran Syiah, sehingga dahulunya Universitas AL-Azhar berpaham Syiah, loh! Raja yang memimpin ketika itu bernama Jauhar Al-Siqli.

Universitas ini sudah sangat eksis sejak awal pendiriannya, dahulu khalifah Bani Fathimiyyah menggunakan AL-Azhar sebagai pusat pendidikan Da'i dan Ilmuwan yang bertujuan untuk menyebarkan Paham Syiah ke seluruh dunia.

Saat Dinasti bani Fathimyyah runtuh dan digantikan oleh Ayyubiyyah, Universitas Al-Azhar sempat ditutup selama hampir 100 tahun untuk membersihkan paham Syiah, dan juga agar Al-Azhar berpegang ke Ahlu Sunnah wal-Jamaah yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhamma SAW.

Selanjutnya Universitas semakin berkembang pesat dengan paham sunni yang diterima oleh seluruh dunia, sehingga banyak ulama-ulama dari penjuru dunia yang datang untuk mengajar ataupun memperdalam ilmu dengan ulama-ulama Mesir.

Al-Azhar masih menggunakan system pendidikan Talaqqi (seperti majlis keilmuan di Masjid) tanpa menggunakan ruang kelas ataupun tingkatan seperti S1, Magister atau Doktoral.

Uniknya, Pembaharuan Sistem Al-Azhar dilakukanpada awal abad 19 oleh Muhammad Abduh yang juga dikenal sebagai tokoh pembaharu Mesir. Sejak saat itulah universitas ini mulai menggunakan ruangan kelas, pemberian Ijazah dan Gelar serta memiliki sistem Administrasi seperti yang kita rasakan hari ini.

Penggunaan ruang kelas dan lokasi kampus yang baru dimaksudkan agar Al-Azhar bisa menampung lebih banyak mahasiswa.

Selain itu pembaharuan ini dilakukan agar Al-Azhar diterima dan diakui oleh publik internasional sebagai lembaga pendidikan yang kredibel dan dipercaya.

Kampus tua ini sekarang telah memiliki ratusan ribu mahasiswa Asing, hal ini merupakan bukti bahwa Azhar menjadi pusat keilmuan islam yang moderat dan diakui oleh seluruh dunia.

Dokpri
Dokpri

Banyak tokoh-tokoh Indonesia lulusan Al- Azhar diantaranya Dr. Qurays Shihab, Ustad Abdul Somad, Hanan At-Taki dan TGB Zainul Majdi (ex-Gubernur Lombok) dan masih banyak lagi tokoh Indonesia lulusan Al-Azhar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4