Mohon tunggu...
tania agustina
tania agustina Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Pemberdayaan Masyarakat Akibat dari Pembangunan Jalan Tol

26 Juni 2022   22:09 Diperbarui: 26 Juni 2022   23:05 55 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Pembangunan

Pembangunan memiliki makna yang multi interpretable, yang artinya sering disamakan dengan beberapa terma lain yang berbeda makna. 

Pembangunan sering disebut dengan istilah Development, yaitu serangkaian upaya atau suatu proses transformasi dalam meningkatkan dan memajukan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat yang mencakup aspek politik, sosial, ekonomi, pertahanan, pendidikan, teknologi, budaya maupun infrastruktur di suatu negara dengan konsep pembangunan tertentu. 

Dalam pandangan Sosiologi, pembangunan lebih ditekankan pada perubahan besar pada sektor non-ekonomi yang menyangkut perubahan yang mengandung berbagai macam perbedaan, seperti perbedaan karakter antara bangsa di negara maju dan di negara sedang berkembang. 

Arti lainnya yaitu pembangunan di sini tidak hanya untuk memperbaiki masyarakat elit saja melainkan juga untuk memperbaiki masyarakat yang berada di lapisan menengah bawah. Pembangunan dalam Sosiologi diperlukan karena penting untuk masyarakat dalam memahami proses dan dampaknya bagi mereka sendiri. Selain itu bisa juga dijadikan sebagai input untuk menggerakkan masyarakat agar turut berpartisipasi dalam pembangunan.

Pembangunan merupakan suatu proses pemanfaatan dari teknologi untuk mengolah SDA serta pemanfaatan SDM. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pembangunan guna mencapai kualitas hidup yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa negara yang sukses dan sejahtera merupakan tujuan dari setiap negara manapun. Untuk mewujudkannya bukanlah hal yang mudah. 

Salah satu caranya yaitu negara harus meningkatkan pembangunan dalam berbagai sektor. Dengan diadakannya pembangunan di suatu negara, maka hal tersebut secara perlahan akan menjaga kelangsungan kemajuan negara.

Terdapat dua macam pembangunan, yaitu pembangunan sarana fisik dan pembangunan non fisik. Pembangunan fisik antara lain seperti pembangunan gedung-gedung, jalanan, jembatan, atau pembangunan lainnya yang konkret. Pembangunan fisik juga berwujud atau terlihat dan dapat dirasakan manfaatnya.

 Sedangkan pembangunan non fisik antara lain seperti pembangunan rehabilitasi mental, pendidikan, atau pembangunan yang tidak terlihat dan tidak mudah dirasakan manfaatnya. Tetapi, pembangunan non fisik ini merupakan investasi berjangka panjang yang berarti hasilnya dapat dirasakan setelah beberapa waktu ke depan.

Pembangunan Infrastruktur Jalan Bebas Hambatan atau Jalan Tol

Pemerintah Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan sebuah pembangunan khususnya di bidang infrastruktur jalan bebas hambatan atau yang biasa kita sebut dengan jalan tol. Pembangunan jalan tol dalam sebuah negara dapat dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengetahui sejauh mana kemajuan perekonomian suatu negara, baik secara makro maupun mikro. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan