Mohon tunggu...
Lupin TheThird
Lupin TheThird Mohon Tunggu... ヘタレエンジニア

A Masterless Samurai -- The origin of Amakusa Shiro (https://www.kompasiana.com/dancingsushi)

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Kabinet "ni-jigen" untuk Jokowi di Periode Kedua

13 Juli 2019   08:50 Diperbarui: 13 Juli 2019   08:56 148 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kabinet "ni-jigen" untuk Jokowi di Periode Kedua
Diolah dari berbagai sumber

Jokowi dan Ma'ruf Amin dipastikan akan memimpin Indonesia pada periode 2019-2024, setelah putusan yang dibacakan Hakim Ketua MK Anwar Usman yang memimpin sidang gugatan pilpres pada tanggal 27 Juni yang lalu.

Sebelum pelantikan presiden dan wakilnya yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Oktober, banyak spekulasi yang beredar tentang siapa saja yang layak membantu Presiden Jokowi pada periode keduanya memimpin Indonesia.

Beberapa penulis juga terlihat sudah urun rembuk untuk memberikan usulan calon menteri dengan artikelnya di Kompasiana. Kebanyakan dari tulisan adalah tentang usul calon menteri dengan usia yang relatif muda, karena Presiden Jokowi mengisyaratkan akan adanya kemungkinan calon menteri dari golongan milenial, untuk kabinet yang akan dibentuk nanti.

Tentu sebagai Kompasianer, saya juga mau urun rembuk. Dan saya akan menamai usulan kandidat menteri dengan nama "Kabinet ni-jigen".

Apa itu ni-jigen? Ni-jigen adalah Bahasa Jepang untuk 2-dimensi.

Biasanya, dunia manga (dibaca man-ga) disebut dengan dunia ni-jigen. Alasannya, karena dunia itu hanya ada diatas kertas yang cuma punya bidang (tidak ada ruang).

Di kalangan penggemar manga (khususnya manga otaku), istilah ni-jigen ini lebih condong digunakan untuk memberi penekanan bahwa dunia manga adalah dunia fiksi. Sedangkan dunia/kehidupan nyata kita sehari-hari disebut dengan dunia 3-dimensi (atau san-jigen dalam Bahasa Jepang).

Omong-omong, saya tidak sanggup memberikan usulan 3-dimensi (orang yang benar-benar ada), karena selain ada banyak parameter yang menentukan, saya tidak punya cukup "ilmu" untuk meramal dan memberi usulan.

Karena menurut saya, calon menteri tidak cukup hanya muda, milenial, kaya, pintar, pengalaman jadi CEO, pengalaman di organisasi, ganteng, baik-hati, ramah, "gila", dan sebagainya. Ada faktor lain yang penting juga , seperti x, y, z, xy, xz...dan seterusnya (sila diisi sendiri). Nah, masalahnya saya tidak bisa mengira-ngira faktor lain ini.

Oleh karena itu, lebih mudah bagi saya untuk mengusulkan calon kandidat dari karakter manga (alias ni-jigen).

Karena keterbatasan ruang tulis, maka saya hanya akan mengusulkan 5 karakter ni-jigen (yang tentunya juga sangat subjektif) untuk 5 posisi menteri, seperti dibawah ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x