Synthesis Development
Synthesis Development

Synthesis Development adalah perusahaan pengembang di Indonesia yang memiliki beragam proyek properti ritel, apartemen, perumahan, superblok, kantor, dan hotel. Synthesis Development memiliki manajemen proyek terpadu, konsultan, desain dan pengembangan.\r\nKesuksesan Synthesis Development didorong tim yang solid dan berkomitmen untuk mendapatkan hasil dengan cara yang baik. \r\nSynthesis Development akan terus menciptakan karya terbaik dalam pengembangan properti di Indonesia, dan terus berusaha untuk menciptakan ruang hidup yang menyenangkan dan sangat nyaman.\r\nwww.synthesis-development.id\r\n

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Cermat Memilih Apartemen dan Rahasianya

14 November 2017   13:39 Diperbarui: 14 November 2017   14:02 124 0 0

Terbatasnya lahan tempat tinggal di wilayah perkotaan dan harga tanah yang semakin menjulang, secara tidak langsung membuat apartemen menjadi pilihan tepat sebagai tempat tinggal. Namun, masih ada beberapa keraguan dan kebingungan yang sering timbul dan dirasakan khususnya bagi mereka yang ingin membeli unit apartemen sebagai tempat tinggal.

Perlu diketahui bahwa memilih apartemen yang tepat tidak bisa disamakan dengan membeli rumah. Sebenarnya, apa saja sih yang harus diperhatikan dengan seksama dalam memilih unit apartemen yang tepat bagi Anda dan keluarga? Berikut ini beberapa pertanyaan yang kerap muncul di pikiran para calon pembeli.

Apa sih hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih apartemen sebagai tempat tinggal?

Pertama, tentukan terlebih dahulu fungsi utama dari unit apartemen yang akan dimiliki. Apakah apartemen ditujukan sebagai fungsi keuangan atau cenderung difokuskan pada fungsi investasi. 

Jika sebagai fungsi keuangan, biasanya unit apartemen akan digunakan sendiri untuk kebutuhan pribadi. Dalam hal ini, calon pembeli tidak segan mengeluarkan uang yang lebih tinggi jika dirasakan apartemen tersebut memang akan mendukung kehidupannya. Namun jika apartemen difungsikan untuk investasi dengan memperhitungkan keuntungan jika dijual atau disewakan kembali.

Kriteria apa lagi yang harus diperhatikan?

Jika memang apartemen ditujukan untuk kebutuhan pribadi, maka carilah apartemen yang memang sesuai dengan kebutuhan hidup Anda. Mulailah membuat daftar kebutuhan terkait apartemen yang diinginkan. Misalnya, seberapa luas unit apartemen yang sekiranya dibutuhkan, berapa jumlah kamar tidur dan kamar mandi yang dinginkan.  

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, tentunya Anda juga akan mencari apartemen yang mungkin memperbolehkan adanya hewan peliharaan dalam apartemen. Dan tentunya ada beberapa pertimbangan lainnya sesuai kebutuhan dan gaya hidup calon pembeli.

Seberapa penting sih menentukan lokasi apartemen yang akan dipilih?

Sangat penting karena lokasi apartemen yang cocok akan menentukan pilihan Anda. Misalnya pemilihan lokasi apakah dekat dengan fasilitas umum yang diperlukan, dekat dengan lokasi kerja, rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah anak, hingga akses jalanannya.  

Seperti apa kualitas material dan desain interior dari apartemen?

Sebagai calon pembeli, ada baiknya Anda juga mengetahui kualitas material dan desain interior dari apartemen yang akan dimiliki agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Jika memang material yang dipakai dirasakan kurang berkualitas, tentu Anda perlu melakukan renovasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya nanti.

Bagaimana cara mengatur rencana keuangan jika ingin memiliki apartemen?

Keinginan memiliki apartemen tentu harus didukung dengan perencanaan keuangan yang tepat. Carilah apartemen yang sesuai antar fungsinya dengan kemampuan dana keseluruhan keluarga Anda. Jangan sampai keuangan bulanan keluarga menjadi terganggu karena adanya pengeluaran tambahan untuk cicilan apartemen. Atur strategi sedemikian rupa agar keduanya bisa sejalan.

Yang harus diperhatikan adalah besarnya uang muka yang harus dikeluarkan. Hitung juga jumlah total cicilan per bulan jangan sampai melebihi 30% dari total penghasilan bulanan