Mohon tunggu...
Syafiqah andryana
Syafiqah andryana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Sosial Emosional Itu?

21 September 2021   22:13 Diperbarui: 21 September 2021   22:36 65 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apa Sosial Emosional Itu?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGANTAR STUDI PERKEMBANGAN SOSEM AUD

Sosialisasi merupakan proses belajar untuk menjadi makhluk sosial. Perkembangan sosial ini juga terdapat istilah individu yang introvert dan extrovert. Introvet merupakan kecenderungan seseorang untuk mearik diri dari lingkungan sosialnya. Sedangkan extrovert kecenderungan seseorang untuk mengarahkan perhatian ke luar dirinya. 

Pada perkembangannya berdasarkan ketiga tahap proses sosial ini, individu akan terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok individu sosial dan ndividu nonsosial. 

Jika kita berbicara tentang emosi maka setiap orang akan mengatakan bahwa ia pernah merasakannya. Namun setiap orang akn bereaksi terhadap keberadaanya. 

Setiap orang hidup sangat kaya akan pengalaman emosional. Ekspresi emosi akan kita kenali pada setiap jenjangusia mulai dari bayi hingga orang dewasa, baik laki-laki atau perempuan.

A.Pengertian Emosi

Emosi adalah  suatu perasaan yang kadang kesal dan marah . Contohnya perasaan bila senang adalah ada seorang anak tertawa kegirangan Ketika ayahnya melambungkan tubuhnya ke udara sedangan bila anak yang perasaan tidak senang adalah seorang anak yang berusia satu tahun sedang menangis karena mainannya direbut oleh kakaknya

B.Fungsi Emosi

Fungsi ini yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1.Merupakan bentuk interaksi hingga anak dapat menyatakan segala kebutuhan dan perasaannya kepada orang tuanya atau orang lain. Berikut ini contohnya, anak dapat merasakan sakit atau marah biasanya mengekspresikan emosinya dengan menangis. Menagis adalah suatu bentuk interaksi anak dengan lingkungannya pada saat ia belum mempunyai kemampuan mengutarakan perasaannya dalam bentuk bahasa verbal.

2.Emosi juga berperan dalam mempengaruhi kepribadian dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan sosialnya, berikut ini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan