Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Pemerhati humaniora dan lingkungan

.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tata Kelola Perguruan Tinggi yang Baik

4 Maret 2021   06:32 Diperbarui: 4 Maret 2021   07:30 108 6 1 Mohon Tunggu...

Bismillah,

Mengelola Universitas yang mempunyai program studi yang banyak tentulah tidak mudah tetapi jika dilakukan dengan tata kelola yang baik maka akan menjadi mudah. Mengelola kampus secara baik akan menjadi ladang ibadah bagi para pemilik dan pengelola. 

Mengapa? Karena semua proses dan hasilnya adalah amal jariyah yang menjadi sumber penyebab mereka bahagia di alam kubur dan dalam proses pengadilan pada sidang pengadilan Allah di hari kiamat untuk memudahkan masuk surga bukan masuk neraka. Tulisan ini adalah tentang tata kelola kampus PT yang baik, yang dapat dijadikan cermin bagi kami pengelola Universitas Kader Bangsa Palembang.

Profil Kampus

Setiap kampus mempunyai profil yang bisa dijadikan landasan tata kelola kampus yang baik. Kita bisa melihat sisi baik apa yang sudah dilakukan selama ini, tetapi kita bisa menyempurnakan apa-apa yang belum baik selama ini. Ada sejumlah indikator antara lain yang ditetapkan oleh Bappenas, UNDP dsb.

Kampus Universitas Kader Bangsa Palembang mempunyai sejumlah keunggulan antara lain: pertama, letak strategis yakni di pusat kota tepatnya di kelurahan 7 Ulu Palembang, dekat dengan Jembatan Ampera, pasar 16, pasar 7 Ulu, terminal dan dekat dengan stasiun LRT.

Kedua, kampus UKB termasuk kampus dengan jumlah program studi yang banyak yakni sekitar 26 prodi, yang terdiri 10 Diploma, 3 profesi, 9 Starata Satu dan 4 Pascasarjana. 

Ketiga, infrastruktur yang sudah dibangun cukup lengkap, berkualitas, mulai dari ruang kuliah, ruang rapat, laboratorium, halaman parkir, tempat ibadah, tempat berolahraga dan sistem informasi dan komunikasi.

Keempat, akreditasi semua program studi semua terkategori BAIK.

Unsur Utama Tata kelola PT

Untuk mengkaji apakah suatu PT sudah baik tata kelolanya maka sejumlah unsur tata berikut dapat kita analisis dengan seksama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN