Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... Dosen - Pensiunan

Aku hanya debu di alas kaki-Nya

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Tak Ada Tempat untuk Keserakahan

24 November 2023   11:54 Diperbarui: 24 November 2023   13:22 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Painting by Angu Walters

Di dunia di mana bayangan menari, dan gema dari keserakahan. Di sana terletak sebuah alam, tenteram dan cerah, di mana keserakahan tidak mendapat tempat, tidak ada waktu istirahat.

Di bawah tatapan bulan yang lembut dan keperakan, di tengah malam dan siang hari yang diterangi matahari. Permadani kebaikan, ditenun dengan halus, tidak ada ruang untuk keserakahan untuk dikandung.

Gunung-gunung tinggi dan lembah-lembah rendah, di tanah suci ini, kebajikan tumbuh. Tidak ada rasa lapar akan lebih, tidak ada keinginan yang tiada henti, hanya semangat yang terus menginspirasi.

Sungai-sungai mengalir dengan aliran belas kasih, dunia di mana cinta berkuasa sebagai yang tertinggi. Tidak ada kantong yang penuh dengan koin keserakahan, hanya hati yang diperkaya dengan amal shaleh.

Keserakahan, orang asing, tersesat di tengah keramaian, di tempat di mana kebaikan berbicara dengan lantang. Kemurahan hati mekar di setiap benih, di surga ini, tidak ada tempat untuk keserakahan.

Udaranya jernih, tidak ternoda oleh kemiskinan, tidak ada keinginan, tidak ada ejekan. Karena di alam keyakinan tanpa pamrih ini, keserakahan tidak berakar, tidak ada kebutuhan mendesak.

Jadi mari kita memimpikan pantai utopis ini, di mana keutamaan umat manusia selamanya melambung tinggi. Di dunia di mana belas kasih memimpin, memang benar, tidak ada tempat untuk keserakahan.

***
Solo, Jumat, 24 November 2023. 11:47 am
Suko Waspodo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun