Mohon tunggu...
Sucen
Sucen Mohon Tunggu... Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Masa depan bukan Tahun depan, Bulan depan, bahkan minggu depan masa depan adalah hari ini. Manfaatkan hari ini dengan baik maka itulah masa depanmu.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Misteri Tempat Pemakaman Umum Cenang

28 Agustus 2020   21:35 Diperbarui: 28 Agustus 2020   21:29 24 3 1 Mohon Tunggu...

Bicara misteri, spontan adrenalin kita akan tergugah terlebih jika kita bicara tempat tempat yang diyakini angker. 

Tentu setiap daerah dan tempat punya cerita mistis yang berbeda, kali ini penulis ingin cerita mistis yang ada di tempat pemakaman umum desa cenang kecamatan songgom kabupaten brebes jawa tengah.

Makam Cenang terletak di sebelah ujung timur desa tepat di sebelah utara jalan gerbang masuk desa setelah gerbang akan ada jembatan sungai kluwut. Perbatasan desa antara Cenang dan Desa Jatirokeh, Songgom-Brebes.

Menarik diceritakan pasalnya banyak penuturan warga dan orang orang yang pernah mengalami hal-hal mistis saat melintas masuk ke desa cenang, karena posisi makam ada di ujung desa pas bersebelahan pintu masuk desa maka secara otomatis jika ke cenang akan melintasi makam tersebut.

Bagi warga pribumi cenang memang jarang dan hampir tidak ada yang diganggu atau dikawengi (melihat mahluk sakral.red) kalau ada hanya beberapa. Tapi bagi mereka yang bukan penduduk asli cenang kemudian melintas terutama pada waktu menjelang magrib dan malam hari menuturkan ada yang melihat sosok nenek yang sedang menyapu, pohon bambu mentiur (rebahan.red), pocong melintang ditengah jalan.

Ada juga penuturan seorang tukang becak yang mengantar penumpang ke cenang dan si tukangbbecak tahu bahwa di makam itu angker maka situkang becak lebih memilih tidak pulang kembali dan milih tidur di perempatan samping gedung madrasah pas bangun pagi situkang becak kaget dan terheran heran dia didapati ada di tengah kuburan padahal jelas jelas semalam tidur diemperan gedung madrasah. 

Ada juga penuturan pegawai KUA Songgom yang kala itu melintas di jalan makam hendak menghadiri acara pernikahan untuk melaksanakan ijab qobul menuturkan kepada lebe desa bahwa saat hendak ketempat hajatan dia melihat nenek nenek sedang membersihkan menyapu areal makam menjelang magrib.

Saat ketemu lebe menuturkan bahwa tadi ada nenek nyapu sore sore siapa yah? Tanya pegawai KUA kepada lebe

" ga ada petugas makam nenek nenek Pa " jawab lebe desa sambil bergumam hmmm mungkin itu mahluk halus Pa...

Beda lagi bagi para pedagang pasar malam dadakan yang ke desa desa selepas menggelar pasar malam di desa tetangga cenang saat pulang dan melintas di makam cenang situkang mandi bola menuturkan bahwa gerobaknya dinaiki anak anak kecil yang muncul dari makam dan baru turun di pertigaan puskesmas jatirokeh.

Dan masih banyak misteri lain yang belum diceritakan ini hanya sebagaian kecil saja.

Sangking terkenal angkernya maka setiap orang yang melintas di kawasan makam tersebut tak lupa membunyikan klakson. Tit tit 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
28 Agustus 2020