Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id dan ICT4CC.id

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Lima Jurus Menjadi Marketer Berkualitas

14 Oktober 2021   08:04 Diperbarui: 14 Oktober 2021   09:05 101 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lima Jurus Menjadi Marketer Berkualitas
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam perjalanan karir dan usaha saya, saya melihat banyak ragam teman-teman sales dan marketing. Mulai dari yang sangat memperhatikan pelanggan, hingga yang sangat menjerumuskan pelanggan. Kok bisa ?

Dari merekalah saya juga belajar, bagaimana sebaiknya menjadi sales dan marketing yang berkualitas. Apa saja yang kita bisa miliki untuk menjadi sales dan marketing yang baik ?

Pertama, mengapa saya menggabungkan sales dan marketing dalam satu istilah jabatan ? Karena sebenarnya keduanya tidak terpisahkan. Sales memang mencari dan mengkonversi calon pelanggan menjadi pelanggan, dan marketing memang tugasnya menarik calon pelanggan. 

Dalam perusahaan besar, kedua fungsi ini bisa saja dipisahkan. Tapi dalam 99% usaha di Indonesia ada di skala usaha kecil menengah, kedua fungsi ini umumnya digabungkan.

Satu yang saya pelajari, sales dan marketing berkualitas akan menyampaikan KABAR BAIK. Mengapa demikian? Karena sales dan marketing yang baik dan berkualitas tidak melulu membicarakan KOMPETITOR nya, mempermasalahkan mereka, mengatakan produk dan jasa orang lain itu buruk dan tidak layak. Tapi justru sebaliknya. 

Seorang sales dan marketing yang baik akan melihat masalah yang dimiliki calon konsumen nya, dan mencoba menjawabnya dengan solusi dan produknya. Ini kabar baik yang pertama, menyelesaikan masalah calon konsumen. 

Kabar baik berikutnya bisa saja, sang sales marketing memberikan harga dan dukungan produk terbaik. Ini sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. 

Bagi seorang sales marketing, informasi berharga terkait pelanggan dapat dimasukkan ke dalam catatannya, yang sekarang ini sudah berbentuk sistem, seperti Customer Relationship Management (CRM).

Kedua, sales marketing yang baik itu selalu MEMBERI bukan MEMINTA. Coba anda perhatikan, apakah sales marketing yang anda kenal lebih sering memberikan informasi, melakukan edukasi, hingga memberikan perhatian khusus. 

Bukan sebaliknya, selalu meminta informasi pekerjaan / proyek, mengejar-ngejar tiada jemu, begitu dapatkan pekerjaan, dia menghilang, lupa. Bukan masalah pemberian pribadi tapi perhatian dan edukasi yang terus menerus yang akan menjadikan kita sebagai sales dan marketing yang berbeda.

Dalam sistem CRM, kita pun dapat melakukan kampanye (campaign), sehingga edukasi dan informasi ke customer, atau bahkan calon konsumen bisa tercatat dengan baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan