Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id dan ICT4CC.id

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Infrastruktur Bagus Jamin Ketersediaan Data Center

27 Maret 2021   08:07 Diperbarui: 27 Maret 2021   08:13 61 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam webinar Building Better Infrastructure Talk#4 yang diadakan oleh EVENTCERDAS didukung oleh Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) pada 26 Maret 2021, membahas hal yang jarang diperhatikan, lingkungan (environment) data center.

Data Center, atau ruang server yang merupakan tempat dimana server, dan berbagai perangkat jaringan ditempatkan, umumnya selalu didukung oleh pendingin ruangan (AC). Namun yang diperhatikan hanya faktor suhu dingin saja. Sedangkan hal lain, seperti kelembaban, tegangan, arus, termasuk kebocoran dan bencana api yang mungkin terjadi tidak diperhatikan di awal pembangunan. 

Suhu, kelembaban umumnya dihitung sesuai dengan kebutuhan awal, tapi seiring berkembangnya data center, dengan bertambahnya perangkat, maka lingkungan data center sering menjadi tidak terkendali. 

Oleh karena itu, diperlukan data center environment monitoring system (EMS) yang kali ini membahas solusi dari AKCP (www.akcp.com). Presentasi disampaikan oleh Reza Hafidz , engineer dari PT Daya Cipta Mandiri Solusi yang berkonsentrasi dalam implementasi EMS sejak 2010. 

Problem yang kerap terjadi di data center, seperti sistem kelistrikan, UPS down, temperature  humidity di atas rata-rata, serta kebocoran air yang terjadi, demikian ungkap Reza Hafidz.  

Ikuti video selengkapnya di bawah ini.


Ikuti berbagai kegiatan menarik lainnya di EventCerdas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan