Mohon tunggu...
Patriot Desa Jawa Barat
Patriot Desa Jawa Barat Mohon Tunggu... Lainnya - Bagian dari DPM-Desa Provinsi Jawa Barat

Patriot Desa merupakan salah satu program unggulan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat untuk mewujudkan visi Jawa Barat juara lahir batin dengan memfokuskan peran pemuda-pemudi sebagai komunikator, integrator dan akselerator yang mendukung penggerak lokal desa agar mampu mengelola berbagai potensi yang ada di desa dalam dimensi sosial, ekonomi dan lingkungan.

Selanjutnya

Tutup

Bandung Pilihan

Wisata Desa Mukapayung untuk Para Penikmat Alam

22 Februari 2023   17:00 Diperbarui: 23 Februari 2023   14:44 522
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kolaborasi antar pihak Patriot Desa (Dokpri)

Bandung BaratDesa Mukapayung adalah salah satu desa dalam wilayah administrative Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Batas-batas wilayah Desa Mukapayung di sebelah utara berbatasan dengan Desa Batulayang, Desa Nanggerang di sebelah selatan, Desa Rancapanggung di sebelah barat, dan Desa Kidang Pananjung – Desa Puncakmulya di sebelah timur.

Berdasarkan topografinya, Desa Mukapayung terletak di dataran tinggi sekitar 650 meter di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata harian 19°C. Wilayah Desa Mukapayung umumnya berbukit-bukit dengan ketinggian dan kemiringan yang variatif. Kondisi geografis ini membuat Desa Mukapayung memiliki potensi wisata alam yang unggul, ditambah wilayah pertanian dan perhutanan yang masih dikelola dengan baik. Mayoritas penduduk Desa Mukapayung berprofesi sebagai petani, buruh tani dan pedagang.

Kawasan Lembah Curugan Gunung Putri merupakan salah satu destinasi wisata alam di Desa Mukapayung. Di Lembah Curugan, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sembari melakukan aktivitas seperti tracking, hiking, climbing, dan camping. Destinasi wisata alam lain seperti Gunung Hanyawong, Gunung Kasep Roke, Puncak Majapait, Situs Mundinglaya, Situs Mukapayung, Situs Batulangkob, Situs Arca dan Peninggalan Adipati Ukur. Ada pula destinasi budaya di Desa Mukapayung seperti Sanggar Seni Gending Lestari dan Sanggar Seni Katineung. Selain itu terdapat juga produk unggulan desa berupa produk kopi dan madu.

Potensi Wisata, Desa Mukapayung (Dokpri)
Potensi Wisata, Desa Mukapayung (Dokpri)

Beragam potensi wisata ini dimotori pengelolaannya oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Mukapayung yang telah dibentuk pada tahun 2022. Melalui keberadaan organisasi POKDARWIS Desa Mukapayung, maka diharapkan penataan dan pengelolaan potensi wisata desa terlaksana dengan baik. Fokusnya pada fasilitas wisata, peningkatan kapasitas masyarakat, dan promosi wisata.

Selain keberadaan POKDARWIS, pengelolaan potensi wisata Desa Mukapayung juga melibatkan peran Patriot Desa Jawa Barat yang bertugas sebagai fasilitator pemberdayaan desa untuk membangun inisiatif dan meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam pengelolaan wisata. Patriot Desa bersama Penggerak Lokal (local champion) Desa Mukapayung berperan dalam melakukan pemetaan potensi wisata desa hingga mengupayakan untuk area-area yang berpotensi menjadi destinasi wisata dapat direalisasikan dan dikelola secara tepat.

Seorang Penggerak Lokal Desa Mukapayung, Ali Ma’sum, mengakui bahwa kerja sama antara masyarakat desa dan Patriot Desa membantu dalam pengembangan pariwisata di Desa Mukapayung. Bersama dengan Patriot Desa, masyarakat desa dapat mengintegrasikan potensi-potensi wisata.

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada DPM Desa Provinsi Jawa Barat dan Program Patriot Desa Jawa Barat yang sudah membantu dan memfasilitasi dalam mengembangkan Pariwisata di Desa Mukapayung.

- Ali Ma'sum, Penggerak Lokal Desa Mukapayung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bandung Selengkapnya
Lihat Bandung Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun