Mohon tunggu...
Hazimatul Huriyah
Hazimatul Huriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa 23107030126 ilmu komunikasi UIN Sunan Kalijaga

seorang peyuka film

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Wisata Alam: Menikmati Keindahan Pantai Merak-Baluran Situbondo

19 April 2024   00:04 Diperbarui: 19 April 2024   00:21 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Situbondo adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur, yang memiliki pesona alam yang memukau. Salah satu destinasi wisata unggulannya adalah Pantai Merak dan Taman Nasional Baluran yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Tepatnya di dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. 

Pantai Merak ini merupakan wisata bahari baru bagi masyarakat lokal maupun luar daerah. Karena dusun yang berada di Kawasan konversi Taman Nasional Baluran Situbondo, saat ini juga mulai dikenal sebagai objek wisata baru Merak- Baluran dan masih menyimpan sejumlah destinasi Pantai yang masih sangat alami.  

Destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam yang memukau, mulai dari pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, hingga pemandangan Gunung Baluran yang menjulang tinggi.

Untuk mengisi waktu selama masa libur lebaran, saya bersama keluarga memutuskan untuk berlibur ke Pantai Merak- Baluran karena tempatnya yang indah dan masih asri juga mudah di jangkau karena jaraknya tidak jauh dari rumah tempat saya tinggal. 

Pantai Merak- Baluran sendiri terdiri dari beberapa Pantai yang berada dalam satu Kawasan yakni Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyangan, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam.

Perjalanan dari rumah menuju Pantai Merak dan Baluran hanya memakan waktu sekitar 30 menit yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. 


Jalan yang dilalui relatif mulus, dengan pemandangan persawahan dan perbukitan yang hijau sepanjang perjalanan. Sesekali, kita dapat melihat Gunung Baluran menjulang di kejauhan, seolah-olah menyambut kedatangan kita. Suasana perjalanan yang tenang dan asri ini menjadi pembuka yang sempurna bagi petualangan kita selanjutnya.

Ketika sampai di pintu masuk Pos Jaga Rencana Pengelolaan Taman Nasional Baluran Watunumpuk kami dikenakan biaya tiket masuk sebesar 6.000 per orang. Dahulu di sini belum ada tiket masuk jadi benar- benar gratis dan hanya ada jalan setapak yang bisa di lalui kendaraan roda dua. 

Di sini saya menanyakan kepada salah satu penjaga pos yakni pak Supriyadi tentang sejak kapan jalan ini mulai dibangun menjadi lebih lebar. Beliau mengatakan menggunakan Bahasa daerah "Abitlah mbak, bede paleng tellong taon" yang artinya jalan ini sudah diperbarui sekitar 3 tahun yang lalu.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan. Sepanjang perjalanan masuk kita akan disuguhi pemandangan belantara Baluran yang panas dan gersang. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit kita akan dimanjakan dengan pemandangan Pantai Bilik yang memesona. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun