Mohon tunggu...
UlilAlbab
UlilAlbab Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Hobi olahraga, touring dan berpetualang

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Pantai Ngobaran, Tempat Wisata yang Menawarkan Keindahan Alam dan Budaya

11 Juni 2024   16:38 Diperbarui: 12 Juni 2024   00:13 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yogyakarta, rasanya belum lengkap jika kita tidak menjelajahi berbagai pantai di daerahnya dari. Pantai-pantai yang ada di Yogyakarta, khususnya kawasan kabupaten gunung kidul, memiliki daya tarik tersendiri. Kebanyakan pantai yang memiliki pasir putih dan dikelilingi perbukitan, pantai-pantai di kawasan gunung kidul mampu memikat serta memiliki daya tarik wisatawan dari berbagai daerah.

salah satu Pantai di kawasan gunung kidul ini memiliki karakteristik seperti di Pulau Bali. Pantai yang juga memiliki nama lain bagai Pulau Dewata terletak di dusun gebang desa Kanigoro, kecamatan saptosari, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi
Pantai tersebut bernama pantai Ngobaran. Pantai yang memiliki keindahan pasir putih dengan latar belakang topografi pegunungan, terdapat bangunan pura dan arca-arca yang membuat wisatawan merasakan nuansa Pantai Ngobaran ini bagai Pulau Dewata. Dari sebagian banyak tempat wisata di Jogja, pantai ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. 

Pilihan rekreasi sambil belajar budaya karena terdapat sebuah pura dengan ornamen khas Bali masih menjadi tempat ibadah serta ritual dari sebagian umat Hindu. Selain kayak pesona budaya serta keindahannya di daerah pantai Ngobaran terdapat kuliner dari hidangan dan gorengan khas Pantai Ngobaran.

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi

Deretan ombak yang bahan tambang batu karang serta semilir bawa angin laut menuju ke daratan terbawa ombak, nyata para pengunjung yang yang datang dengan hati senang. Jika biasanya pantai identik dengan keindahan pasir putihnya, di pantai ini kita dapat menikmati keindahan pantai dari sisi yang lain berbeda. 

Pagi itu saya dan teman-teman berbondong untuk menuju pantai tersebut. Saat pantai sedang surut ya terus keindahan lain mulai terlihat seolah kita dipamerkan oleh Pantai Ngobaran rumput laut yang hijau maupun coklat. Di daerah pantai ini,  toleransi beragama dapat kita saksikan ritual keagamaan umat Hindu, aliran Jawa dan aliran kejauhan. 

Bangunan pura tempat beribadah umat Hindu yang berada di tebing pantai menambah keindahan dan keramahan Pantai Ngobaran. Pantai ini berlokasi di sisi barat deretan Pantai gunung kidul yaitu sejajar dengan pantai nguyahan dan pantai ngrenehan.

Untuk menikmati keindahan pantai ini pada, anda perlu mengetahui informasi harga tiket masuk setajam operasionalnya. Untuk harga tiket masuk kadar, Pantai Ngobaran biasanya menetapkan tarif yang cukup terjangkau sehingga membuatnya menjadi destinasi wisata yang ramah di kantong para wisatawan dari. 

Meskipun tarif tiket dapat berubah sewaktu-waktu namun biasanya tarif tersebut cukup terjangkau dan berjabat dngan budget liburan anda budget liburan anda.

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun