Mohon tunggu...
suryansyah
suryansyah Mohon Tunggu... Editor - siwo pusat

warga depok paling pinggir, suka menulis apa saja, yang penting bisa bermanfaat untuk orang banyak. Email: suryansyah_sur@yahoo.com, siwopusat2020@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Silang Pendapat Bahaya Olahraga Pakai Masker

7 Juni 2021   17:08 Diperbarui: 7 Juni 2021   17:12 90 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Silang Pendapat Bahaya Olahraga Pakai Masker
Olahraga penting di tengah pandemi. (sumber foto healthline.com)

Suami: Kamu nggak pakai masker?
Istri: Pakai dong, jilbab sekarang praktis, ada maskernya
Suami: Oh begitu...
Istri: Gaul makanya
Suami: Kirain lupa

Cuplikan dialog di atas bukan fiksi. Bukan imajinasi. Tapi real adanya. Masker telah menjadi fashion.  

Kaum hawa tidak perlu ribet lagi cari masker untuk menyesuaikan dengan pakaian hijabnya. Kini masker sebagai salah satu norma baru. Tatanan kehidupan baru.

Masker jadi tren baru sejak dunia dikepung covid-19. Salah satu alat pelindung diri atau APD. Selain sanitizer untuk cuci tangan. Berbagai inovasi masker kain dibuat. Ada yang bermotif lucu. Masker pernak-pernik cantik.

Masker kain yang anjurkan WHO. Dapat menghalau sebagian percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin.

Tiga bulan pertama Indonesia dilanda Covid-19 pada Maret 2020, masyarakat sulit cari masker. Banyak oknum yang menimbun. Harganya pun selangit kalau ada. Satu pack antara Rp 400-600 ribu. Masyarakat menjerit.

Sekarang, tidak lagi. Banyak pedagang masker dadakan di sudut jalan. Harganya sangat terjangkau. Modelnya pun beragam.  

Masker scuba yang paling modis. Belakangan sangat populer. Harganya relatif murah. Juga dinilai nyaman. Bisa melar alias stretch mengikuti bentuk wajah.

Terlepas jadi fashion, masker sebagai norma baru. Saya tak persoalkan fashionnya. Itu bentuk kreativitas seseorang. Desainer asal Prancis Marine Serre, misalnya. Dia meluncurkan koleksi masker mewah dan terbuat dari rajutan.

Terpenting masker jadi aspek 'hidup berdamai' dengan corona. Lebih dalam lagi menyambut new normal atau normal baru. Tapi masyarakat masih banyak yang gagal paham. Asumsinya: new normal adalah kehidupan kembali normal. Corona telah berlalu.  

Padahal pernyataan Presiden Joko Widodo jelas. Beliau mengajak kita hidup 'berdampingan' dengan virus corona. Dalam KBBI, berdampingan adalah 1. berdekatan, berhampiran, 2. bersama-sama (ada, hidup).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN