Mohon tunggu...
Siti Zahratul Jannah
Siti Zahratul Jannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN SMH Banten

💚

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pengadaan Tenaga Kerja yang Efektif: Praktik Terbaik Untuk Menemukan dan Merekrut Karyawan

12 Juni 2023   00:29 Diperbarui: 12 Juni 2023   00:58 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengadaan tenaga kerja merupakan bagian penting dari manajemen sumber daya manusia yang berkaitan dengan proses menemukan dan merekrut karyawan baru untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dalam praktiknya, strategi pengadaan tenaga kerja yang efektif dapat membantu perusahaan menemukan dan merekrut karyawan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berikut adalah beberapa praktik terbaik dalam strategi pengadaan tenaga kerja yang efektif:

1. Menentukan Kebutuhan Tenaga Kerja

Perusahaan perlu menentukan kebutuhan tenaga kerja terlebih dahulu sebelum memulai proses pengadaan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan analisis pekerjaan untuk mengidentifikasi keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi yang akan diisi.

2. Membangun Branding Perusahaan

Perusahaan perlu membangun branding yang kuat untuk menarik perhatian kandidat yang berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun citra perusahaan yang baik melalui situs web, media sosial, atau program penghargaan.

3. Menentukan Sumber Pengadaan

Perusahaan perlu menentukan sumber pengadaan tenaga kerja yang efektif, seperti situs web pengadaan tenaga kerja, iklan lowongan kerja di media massa, atau referensi karyawan saat ini.

4. Menentukan Kriteria Seleksi

Perusahaan perlu menentukan kriteria seleksi yang jelas dan objektif untuk mengevaluasi kualifikasi dan kompetensi kandidat. Hal ini dapat dilakukan melalui wawancara, tes psikologis, atau pengalaman kerja sebelumnya.

5. Mengintegrasikan Proses Seleksi dengan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia

Proses seleksi harus diintegrasikan dengan sistem manajemen sumber daya manusia untuk memastikan bahwa kandidat terpilih dapat diintegrasikan dengan lancar ke dalam perusahaan. Hal ini dapat dilakukan melalui program onboarding atau orientasi untuk membantu karyawan baru mengenal budaya perusahaan dan tugas mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun