Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2023: 💗Gerimis Cinta Merdeka 💗Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Versi Buku Cetak 💗 Yang Terpilih Antologi tahun 2022: 💗Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. 💗 Buku Biru 💗Pandemi vs Everybody 💗 Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Bukan UKM Rohis, Inilah Keseruan Berkegiatan bersama BAI UNDIP Era Tahun 90-an

21 Desember 2021   10:51 Diperbarui: 22 Desember 2021   10:50 784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi UKM Rohis (sumber: lifestyle.kompas.com)

Selama menjadi mahasiswa di Universitas Diponegoro Semarang di era tahun 90-an, saya memilih kegiatan di seputar kerohanian islam.

Awalnya saat menjadi mahasiswa baru, ketertarikan saya mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah seputar seni dan keagamaan. Pilihan saya jatuh ke kelompok Paduan Suara Fakultas. 

Berlatih intens bersama kawan-kawan satu fakultas guna tampil untuk acara wisuda fakultas, saya sempat dua kali naik panggung bersama kelompok paduan suara ini.

Namun, keinginan dan hasrat untuk menambah wawasan ilmu agama islam, maka saya memutuskan mengundurkan diri dari kelompok ini saat jelang ramadhan. Saya putuskan bergabung dengan kegiatan lainnya, agar tidak terbentur jadwal latihan dan acara.

***

Holy, Sahabat satu jurusan di kampus, mengajak saya bergabung menjadi panitia ramadhan selama satu bulan penuh. Berbagai kegiatan bakal di gelar. Penyelenggaranya adalah Badan Amalan Islam (BAI) Universitas.

BAI Undip bukanlah UKM, melainkan lembaga independen di bawah naungan Rektor, yang pengurus dan anggotanya terdiri dari seluruh civitas academica. Jadi mulai rektor, dosen, mahasiswa, tenaga didik dan admin lainnya, bisa mengikuti kegiatan ini, bersinergi dengan UKM Rohani Islam.

Menarik bagi saya untuk pertama kalinya mengikuti kegiatan ramadhan bersama pengurus hariannya, karena syarat yang diajukan, salah satunya adalah berhijab selama menjadi panitia bagi mahasiswi. Hal ini untuk melatih berhijab dan menghidupkan suasana religius islam selama bulan suci.

Holy menyemangati dan mendukung saya, dengan meminjam satu-dua baju muslimnya. Berikut jilbab segi empat. Bahkan tak segan mengantar dan menemani saya berburu gamis di Pasar Johar, yang harganya menyesuaikan kocek mahasiswa. Hal ini demi bisa mengikuti kegiatan ramadhan di kampus.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun