Mohon tunggu...
Shyntako
Shyntako Mohon Tunggu... Blogger

A Cancerian woman who love her Taurus's son so much. I'm also an insurance advisor who love to write about culinary, travelling, financial, parenting, and daily life. And let's get connected https://dialogueee.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Tarik Tunai Tanpa Kartu? Solusi Kala Dompet Ketinggalan!

15 Oktober 2019   16:00 Diperbarui: 15 Oktober 2019   16:32 0 2 1 Mohon Tunggu...
Tarik Tunai Tanpa Kartu? Solusi Kala Dompet Ketinggalan!
sumber: kraichgau.news

Beberapa waktu yang lalu, saya memang agak terburu-buru saat akan berangkat aktifitas untuk urusan pekerjaan. Tiba-tiba, saya melihat ada miscall berkali-berkali dari Ayah saya dan betapa kagetnya saat beliau menginfokan bahwa dompet saya ketinggalan di rumah. Duh, kok bisa sih seceroboh ini. Saya pun kesal dan memarahi diri sendiri.

Sebenarnya, bukan masalah uang tunai yang saya khawatirkan, karena saya lebih sering bertransaksi melalui OVO/Gopay yang merchantnya juga bertebaran menebar iming-iming diskon dan cashback dimana-mana. Toh, saya juga merupakan tipe orang yang gak terlalu suka memegang uang dalam bentuk tunai. Malahan, dulu saat masih sering lembur kerja dan pulang larut malam, saya seringkali menyimpan uang tunai saya di balik kaos kaki didalam sepatu sneakers saya.

Hehe, antimainstream banget ya?

Yah, buat saya ini langkah preventif karena saya naik angkot yang rutenya agak rawan dan sepi kalo malam. Saat itu, lagi marak pencopetan terorganisir di dalam angkot dan pengamen yang nyanyi asal-asalan dan ujung-ujungnya meminta uang dengan kata-kata penuh ancaman.

Sekarang, saya semakin malas untuk menyimpan uang dalam bentuk tunai. Nah, pas banget ada insiden dompet ketinggalan itu saya mendapat info untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu atm. Dalam hati saya meragukan info tersebut, apa iya sih bisa transaksi tarik tunai di mesin ATM tanpa kartunya? Ya maaf ya kalo saya agak kudet alias kurang update kalo sekarang itu BCA menyediakan fasilitas terbaru untuk nasabahnya.

Saya pun membuka aplikasi mobile banking BCA dari handphone, pilih menu Cardless dan kita akan diberikan pilihan Tarik Tunai, Setor Tunai dan Cabang. Saya memilih menu Tarik Tunai dan pilih nominal yang akan saya ambil. Setelah itu, saya mendapatkan kode transaksi untuk melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM. Oh ya, kode transaksi ini hanya berlaku kurang lebih sejam saja.

Di mesin ATM, saya memilih menu transaksi tanpa kartu dan memasukkan kode transaksi yang tadi saya dapatkan dari aplikasi mobile banking. Voila, uang tunai pun keluar dan siap kita gunakan. Praktis banget kan?

Jujur, saya sih suka banget ada fasilitas ini dari BCA, berhubung agak serem ya denger berita di berbagai media banyak terjadi kasus pembobolan mesin ATM dengan menggunakan kartu nasabah. Seperti yang dialami oleh teman saya, saat akan mengambil uang di mesin ATM, ia mendapatkan notifikasi bahwa kartunya tertelan di mesin tersebut.

Karena biasanya lokasi ATM center terpencil dan di lantai bawah gedung perkantoran/mall, maka ia terpaksa naik ke lantai lobby untuk menelepon customer service bank yang bersangkutan. Tapi, yang mengejutkan bahwa tidak ada catatan di sistem mereka bahwa kartu atm teman saya tersebut tertelan.

Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah si customer service tersebut justru memberikan info bahwa telah terjadi penarikan dana melalui kartu atm yang sedang dikonfirmasikan tersebut. Sekitar 10 juta rupiah pun lenyap dalam sekejap. Kesalahan teman saya dan mungkin beberapa korban dengan modus serupa adalah meninggalkan lokasi mesin ATM yang memberikan notifikasi seolah kartunya 'tertelan".

Mendengarkan pengalaman seperti itu, membuat saya berharap fasilitas setor dan tarik tunai tanpa kartu ini bisa ditiru dan diterapkan juga oleh bank-bank lainnya. Serius deh, ini praktis banget dan buat saya sih mengurangi kekhawatiran saya untuk bertransaksi di mesin ATM. Salut untuk BCA, sangat memikirkan kemudahan untuk nasabahnya!