Mohon tunggu...
Shifana Maulidya
Shifana Maulidya Mohon Tunggu... Menulis untuk lebih bahagia

Social Worker With Disability

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kamu Manusia, Aku Juga, Tidak Bisa Melakukan Segalanya

24 November 2020   13:27 Diperbarui: 24 November 2020   19:53 161 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kamu Manusia, Aku Juga, Tidak Bisa Melakukan Segalanya
Self Love (Sumber: escapehaven.com)

Sebuah kebanggaan, bahkan mungkin kebahagiaan, ketika kita sebagai seorang teman atau seorang yang bekerja, bisa melakukan hal apapun sehingga dianggap 'serba bisa' oleh orang lain. 

Seperti sebuah penghargaan tersendiri yang mungkin dapat memacu kita untuk dapat berusaha lebih keras dan lebih keras lagi dalam melakukan suatu hal. Sadarkah kita akan hal itu? Apakah benar- benar menjadi sesuatu yang membanggakan, atau hanya ilusi saja?

Menjadi seorang teman. Bahkan berusaha menjadi teman terbaik yang selalu ada dalam situasi apapun. Atau mungkin melakukan hal-hal yang kadang membuat kita tidak nyaman, tapi demi memenuhi permintaan teman maka niscaya akan tetap dilakukan. 

Simpel memang. Bahkan dari hal-hal kecil. Seperti, terpaksa ikutan ngopi karena segan diajak teman padahal sedang dalam kondisi unmood dan ingin sendirian. Atau, merasa kecewa dan memutuskan untuk ghosting biar si-teman sadar, tapi akhirnya luluh dan merasa bersalah sendiri. Pernah mengalami?

Menjadi seorang pekerja. Punya tupoksi yang memang harus dikerjakan. Namun beban kerjanya kadang tidak manusiawi dan memunculkan banyak tekanan. 

Bahkan pada posisi pelayan masyarakat, segala aduan dan permasalahan ditelan dan disimpan, merasa bahwa dirinyalah yang paling bertanggungjawab menyelesaikannya. 

Kemudian lama-kelamaan menjadi setumpuk masalah dan menghantui. Menjadi beban berat yang, bahkan, entah kepada siapa akan dibagi. Lalu perlahan menjadi hal serius ketika mulai menggerogoti kesehatan mental. Duh, kacau.

Sebagai manusia, aku, kamu, kita semua, memang sudah selayaknya selalu berusaha dan tak pernah berhenti belajar menjadi orang baik. Menjadi seorang teman yang baik, bukan berarti harus menuruti semua ajakan dan kemauan si-teman dalam hal yang menjadi selera dia. Kamu juga seorang teman, kan? Kamu juga punya kegiatan dan hal yang kamu sukai, kan? 

Untuk itu, karena kamu tahu betapa tidak enaknya rasa hati jika dipaksa atau terpaksa melakukan sesuatu, maka janganlah pernah memaksakan apa yang kau inginkan kepada teman. Simpel. Belajarlah dari hal- hal yang dialami. Setidaknya yang menyebalkan buatmu juga berpotensi menjadi hal menyebalkan bagi orang lain.

Sebagai manusia juga, kita yang bekerja, kuliah, atau apapun, pasti punya limit dan rasa jenuh yang tiba-tiba datang tanpa permisi. Wajar, kok. Untuk itu, kadang kita perlu bersikap agak 'bodo amat' terhadap beberapa hal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x