Mohon tunggu...
seli oktaviani
seli oktaviani Mohon Tunggu... Mahasiswa STAI Bhakti Persada Majalaya Bandung

"Don't say you can't before you try"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Analisis Lingkungan dan Perilaku Konsumen: Kunci Pemasaran Modern

12 September 2025   08:45 Diperbarui: 12 September 2025   08:37 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sistem Informasi Pemasaran (Seli Oktaviani;2025)

Pemasaran modern tidak bisa lagi hanya mengandalkan insting. Perusahaan membutuhkan sistem informasi, analisis lingkungan, dan pemahaman perilaku konsumen untuk mengambil keputusan yang tepat.

Sistem Informasi Pemasaran (SIP)

SIP adalah mekanisme yang mengumpulkan dan mengolah data untuk mendukung strategi pemasaran. Sumbernya bisa berupa:

Data internal: laporan penjualan, stok, dan distribusi.

Intelijen pasar: informasi pesaing, tren industri, opini publik.

Riset pemasaran: survei, wawancara, dan analitik digital.

Pendukung keputusan: analisis dengan software, big data, dan AI.

Dengan SIP, perusahaan mampu merespons perubahan pasar lebih cepat dan menekan risiko salah strategi.

Analisis Lingkungan Pemasaran

Lingkungan bisnis terbagi dua:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun