Mohon tunggu...
Sefri Ton
Sefri Ton Mohon Tunggu... Penulis - Sang Pujangga

Suka jalan, suka nulis, suka nyanyi, suka main bola, suka hati

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Al Thumama Stadium: Peci bagi Juara Piala Dunia 2022 Qatar?

4 Desember 2022   18:20 Diperbarui: 4 Desember 2022   18:34 448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Stadion Peci/Gahfiya Qatar. Sumber: stadiumdb.com

Kompetisi Piala dunia 2022 Qatar fase gugur sudah dimulai. Pertandingan pertama dimainkan oleh Belanda melawan Amerika Serikat (3/12). Pertandingan berakhir dan dimenangkan oleh The Orange (julukan Belanda) dengan skor 3-1. Pertandingan ini berlangsung di Khalifa International Stadium. Pertandingan enam belas lain yaitu Argentina melawan Australia. Hasil pertandingan Australia harus mengakui keunggulan dari tim Tango dengan skor akhir 2-1. Kedua pemenang yaitu Belanda dan Argentina akan saling berhadapan di perempat final. Pertandingan dijadwalkan pada tanggal 10 Desember 2022, yang berlangsung di Lusail Stadium.

Pertandingan enam belas lain yaitu Jepang vs Kroasia (5/12), Brasil vs Korea Selatan (6/12), Inggris vs Senegal (5/12), Maroko vs Spanyol (6/12), Portugal vs Swiss (7/12). Sementara Prancis versus Polandia berlangsung tanggal 4 Desember 2022. Partai ini akan sangat menarik, mengingat Prancis merupakan tim unggulan untuk menjuarai piala dunia 2022. Namun Polandia berusaha untuk menggagalkan niat tersebut. Polandia sendiri bukanlah lawan yang baru untuk Prancis. Pasalnya kedua tim sudah sering bertemu. Pertemuan mereka tercatat sudah 16 kali. Dari keenam belas ini 8kali dimenangkan oleh Prancis, 5 kali hasil Imbang dan 3 kali Prancis mengalami kekalahan. Hasil ini menunjukan bahwa pertandingan ini akan sangat sengit. Pertandingan akan berlangsung pukul 22.00 WIB. Pertandingan akan berlangsung di Al Thumama Stadium.

Baca juga: Ahmad Bin Ali Stadium: Padang Pasir Menelan Tim Juara Piala Dunia 2022 Qatar?

Al Thumama Stadium merupakan merupakan salah satu stadion kebanggaan Qatar. Hal yang dikarenakan stadion ini baru selesai dibangun beberapa tahun yang lalu. Ada beberapa hal unik dari stadion yang akan menjadi tempat pertandingan Prancis vs Polandia.

  • Desain Al Thumama Stadium. Stadion ini di desain oleh Ibrahim M. Jaidah (Arab Engineering Bureau), Fenwick Iribarren Architects, dan Heerim.  Desain stadion ini terinspirasi dari jenis topi tenun orang lokal atau jenis Gahfiya Timur Tengah. Gahfiya biayanya berbentuk bulat dan didominasi oleh warna putih. Hal inilah yang menurut sang desainer bahwa stadion perlu dibuat melingkar dengan dominasi warna putih. Pola gahfiya di masyarakat juga berbeda-beda. semua konsep dituangkan dalam stadion Al Thumama. Stadion ini dikerjakan oleh Al Jaber Engineering, dan Tekfen Construction.
  • Kapasitas Al Thumama Stadium. Stadion ini dibangun pada tahun 2017  dengan kapasitas yang sesuai dengan standar FIFA untuk piala dunia 2022 yakni 44,400 kursi. Namun setelah piala dunia berakhir maka stadion akan dikurangi kapasitasnya menjadi 20.000. pengurangan kapasitas ini dikarenakan akan dijadikan hotel sebanyak 60 kamar.
  • Al Thumama Stadium Pernah menjadi Lokasi Final Amir Cup 2021. Stadion ini selesai dibangun dan diresmi pada 22 Oktober 2021. Perenmian ini sekaligun menjadi lokasi pertandingan final antara Al Rayyan melawan Al Sadd. Hasil pertandingan kala itu harus diakhiri dengan adu pinalti. Kemenangan diraih oleh Al Sadd dengan skor 5-4. Selain pertandingan peresmian stadion tersebut, stadion ini juga pernah dilangsungkan kompetisi FIFA Arab Cup 2021. Pada saat itu pertandingan semi final antara Qatar dan Aljazair. Hasil akhir dimenangkan oleh Aljazair dengan skor 1-2.
  • Pertandingan Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium. Pertandingan piala dunia di stadion ini, yaitu:
    • Grub A (21 Nov 2022): Senegal vs Belanda
    • Grub A (25 Nov 2022): Qatar vs Senegal
    • Grub E (23 Nov 2022): Spanyol vs Kosta Rika
    • Grub F (27 Nov 2022): Belgia vs Maroko
    • Grub F (1 Des 2022): Kanada vs Maroko
    • Grub B (29 Nov 2022): Iran vs Amerika Serikat
    • 16 Besar (4 Des 2022): Prancis vs Polandia
    • 8 Besar (10 Des 2022): Tim manakah yang mendapatkan Peci??
  • Finalis Kompetisi Pernah Bermain di Al Thumama Stadium. Jika dicermati dari sejarah singkat dari stadion ini menunjukan bahwa tim finalis pernah tampil atau bertanding disini. Hal ini bisa kita lihat bahwa tim Belanda pernah bermain di fase grup  yang berlokasi di stadion ini dan masih lolos ke delapan besar. Selanjutnya Spanyol, Maroko, juga masih beruntung. Kedua tim masih berkompetisi untuk merebutkan satu tiket ke delapan besar. Selanjutnya yang kita tunggu adalah Prancis sebagai tim unggulan, mampukan memenangkan peci untuk menjadi juara piala dunia 2022 Qatar?

Al thumama Stadium, Gahfiya Qatar. Sumber: stadiumdb.com
Al thumama Stadium, Gahfiya Qatar. Sumber: stadiumdb.com

Baca juga: Khalifa International Stadium: Mencatat, Negara Ini jadi Juara 3 Piala Dunia 2022 Qatar

Al Thumama Stadium memang didesain untuk kompetisi besar dan penuh gengsi. Stadion ini juga penuh dengan filosofis religi dan budaya. Tidak heran jika stadion ini bisa mendatangkan keberuntungan bagi tim yang benar-benar siap dan yakin untuk memenangkan pertandingan. Dua pertandingan tersisa yang akan dilangsungkan di Al Thumama Stadium bisa menjadi Gahfiya/peci bagi sang juara piala dunia 2022 Qatar. Apakah ulasan ini akan terbukti benar? Atau sebaliknya menjadi catatan sejarah bahwa tim yang pernah bermain di Stadion Al Thumama tidak menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar? Bagaimana tanggapanmu, silahkan goreskan penahmu pada kolom komentar..!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun