Mohon tunggu...
Sefri Ton
Sefri Ton Mohon Tunggu... Penulis - Sang Pujangga

Suka jalan, suka nulis, suka nyanyi, suka main bola, suka hati

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Khalifa International Stadium: Mencatat, Negara Ini jadi Juara 3 Piala Dunia 2022 Qatar

2 Desember 2022   13:35 Diperbarui: 2 Desember 2022   15:41 2443
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Khalifa International Stadium, Qatar. Sumber: stadiumdb.com

Kompetisi piala dunia 2022 Qatar saat ini sudah fase grup berakhir tanggal 3 Desember 2022. Sudah dipastikan setiap grup ada dua tim yang lolos. Grup A yang dinyatakan lolos adalah Belanda dan Senegal. Grub B yaitu Inggris dan Amerika, Grup C (Argentina dan Polandia), Grup D (Prancis dan Australia), Grup E (Jepang dan Spanyol), dan Grup F (Maroko dan Kroasia). Sementara Grup G dan Gup H masih akan bertanding di malam hari pukul  22.00 WIB dan dini hari tanggal 3 Desember Pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Stadion 974: Jalan Menuju Final. Tim ini Juara Piala Dunia 2022?

Fase Gugur atau fase enam belas besar sudah akan berlangsung sejak tanggal 3 Desember 2022 Pukul 22.00 WIB antara Juara Grup A (Belanda) dan Runner Up Grub B (Amerika Serika). Kedua tim belum pernah mengalami kekalahan selama piala dunia. Kedua baru kebobolan satu gol. Pertandingan ini akan menarik untuk ditonton. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Internasional Khalifa atau Khalifa International Stadium.

Tribun Khalifa International Stadium. Sumber: qatar2022.qa
Tribun Khalifa International Stadium. Sumber: qatar2022.qa

Khalifa International Stadium ini adalah salah satu dari delapan stadion terbaik di Qatar. Stadion ini memungkinkan untuk mencatat sejarah juara baru piala dunia. Hal ini dikarenakan stadion ini memiliki keunikan-keunikan dan selalu mencatat sejarah dalam dunia sepakbola di Qatar.

  • Khalifa International Stadium tercatat sebagai stadion tertua di Negara Qatar. Stadion yang terletak di Doha sudah ada sejak tahun 1976. Kapasitas stadion pada saat itu hanyalah sebanyak 20.000 penonton.
  • Khalifa International Stadium pernah jadi Lokasi Pergelaran Olahraga Dunia. Stadion ini pernah direnovasi pada tahun 2003-2005 untuk dijadikan venue untuk ajang Asian Games 2006, Gulf Cup dan AFC Asian Cup 2021. Stadion tertua Qatar juga pernah menjadi lokasi kejuaraan Atletik Dunia IAAF dan Piala Dunia antar Klub FIFA Qatar 2019.
  • Khalifa International Stadium menjadi saksi bagi sepakbola Qatar. Stadion ini menjadi impian para pemain Tim nasional sepakbola Qatar untuk berlaga sebagai tuan rumah. Stadion ini akan menjadi lokasi piala Asia 2023 (AFC 2023) untuk kedua kalinya.  Qatar Pernah menjadi tuan rumah AFC pada tahun 1988.
  • Khalifa International Stadium  menjadi Lokasi Piala Dunia 2022. Menjelang piala Dunia 2022 Stadion di direnovasi lagi untuk memenuhi standar FIFA. Kapasitas kursi stadion saat ini yaitu 45.857 penonton.
  • Khalifa International Stadium memiliki Desain Unik. Keunikan desain stadion ini yaitu mempunyai kanopi yang melungkung diatas stadion. Lengkungan konopi berjumlah dua buah. Khalifa International Stadium didesain untuk membuat penonton merasa sejuk dan nyaman ketika berada dalam stadion dengan kondisi panas. Arsitektur Stadion Internasional Khalifa adalah Arup Sport, DHG, Cox Richardson Architects & Planners.

Khalifa International Stadium & Fasilitas Sekitarnya. Sumber: stadiumdb.com
Khalifa International Stadium & Fasilitas Sekitarnya. Sumber: stadiumdb.com
  • Khalifa International Stadium adalah bagian dari Doha Sports City Home. Lokasi Doha Sports City Home merupakan pusat multifungsi olahraga, kesehatan, pusat riset, dan pendidikan yang berada di Kota Al Rayyan. Lokasi ini juga didukung dengan fasilitas lain seperti Villagio Mall dan Aspire Park.
  • Khalifa International Stadium mendapat Bintang penghargaan. Stadion ini mendapatkan penghargaan bintang empat dalam penilaian pembangunan berkelanjutan (Global Sustainability Assessment System/GSAS). Organisasi yang mengeluarkan penghargaan ini adalah Gulf Organisation for Research & Development (Gord).
  • Khalifa International Stadium jadi Lokasi Tim besar dan Juara Tiga Piala Dunia 2022 Qatar. Stadion menjadi lokasi pertandingan antara lain:

Khalifa International Stadium yang berlokasi di Doha menjadi kebanggaan bagi timnas dan masyarakat Qatar. Selain itu stadion ini dalam sejarahnya selalu mencatat penting dalam dunia sepakbola. Salah satu sejarah yang tercatat dari stadion ini adalah piala dunia 2022 Qatar. Sudah ada Inggris, Jepang, Belanda, Equador, Kroasia, dan Senegal yang mampu mengatasi lawannya saat pertandingan hingga menang. 

Baca Juga: Lusail Stadium: Pergelaran Final Piala Dunia 2022, Tim Ini Juara?

Pertandingan berikut yang akan berlangsung di Stadion ini yaitu ada babak enam belas besar antara Belanda melawan Amerika Serikat. Pertandingan ini dapat mencatat juara dunia baru dalam sejarah piala dunia. Selanjutnya pada putaran terakhir akan bertanding perebutan juara tiga. Semua akan tercatat dalam sejarah piala dunia 2022 Qatar yang disiarkan dari Khalifa International Stadium. Tim Negara mana yang akan mencatatkan namanya dalam sejarah di stadion ini? Berikan Tanggapan dan tuliskan komentarmu..!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun