Mohon tunggu...
SANYA CARINAQOBSOH
SANYA CARINAQOBSOH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Surabaya

Hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Insecure Menjadi Hambatan dalam Proses Pencarian Jati Diri Remaja

29 Oktober 2022   20:32 Diperbarui: 29 Oktober 2022   21:03 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo sobat kompasiana....

Apa kabar nih sobat kompasiana?

Kira-kira ada yang mengalami kejadian seperti dibawah ini nggak sih?

Dan kalau ada kira-kira bener ngga sih perasaan ini yang kalian rasakan?

Sebelumnya kita pahami dulu yuk apa arti pertumbuhan dan perkembangan !

Pertumbuhan adalah proses di mana suatu organisme meningkat dalam ukuran, volume, atau berat. Proses ini dapat diukur dan dihitung secara numerik. Pertumbuhan dapat dilihat dengan  pertumbuhan fisik Anda. Misalnya, bertambah berat badan . Sedangkan arti dari perkembangan dapat diartikan sebagai berkembangnya kemampuan yang berasal dari pengalaman juga  rangkaian perubahan kemampuan individu. 

Dalam perkembangan terdapat masing-masing tahapan perkembangan yang saat ini kita bincangkan adalah perkembangan pada masa remaja dan dewasa dimana masa tersebut tergolong dalam masa remaja (13-21 tahun) dimana masa remaja tersebut adalah masa ketika seorang anak-anak melalui proses peralihan menjadi remaja / dewasa.

Sesuai dengan yang kita ketahui bahwa masa remaja adalah masa yang tergolong sebagai usia bermasalah. Karena masa remaja sendiri ialah masa pencarian identitas dimana dalam melakukan pencarian identitas tentunya para remaja mengalami sangat banyak hambatan, Hambatan tersebut tentunya berasal dari berbagai permasalahan yang timbul saat remaja contohnya adalah insecure.

Tentunya readers sudah tidak asing lagi bukan dengan kata insecure?, insecure adalah perasaan seperti khawatir, ragu, cemas, atau kurang percaya diri yang membuat individu merasa tidak nyaman dan sedikit mengganggu mental. Akibatnya individu yang merasakan insecure cenderung merasakan iri, selalu menanyakan pendapat orang lain mengenai dirinya, dan juga suka membandingkan dirinya dengan individu lain.

Salah satu penyebab kita merasakan insecure adalah adanya ekspetasi yang lebih pada diri kita dan ekspetasi tersebut tidak terwujud, bagi sebagian individu yang menginjak tahap remaja dan saat mereka mengalami proses pencarian identitas insecure sudah menjadi hal yang lumrah terjadi pada masa sekarang,insecure juga dapat berbentuk dalam berbagai factor loh...

 memiliki banyak pengikut di sosial media, memiliki banyak pengagum, dan juga banyak lawan jenis yang tertarik pada individu tersebut karena kecantikan fisiknya, bisa membuat seseorang merasa insecure karena pada saat tahap pencarian identitas yang dibutuhkan oleh individu tersebut adalah sebuah pengakuan, para individu yang masuk dalam masa remaja tersebut hanya ingin di akui dan di apresiasi atas apa yang ia miliki, tak heran para remaja pada zaman sekarang berlomba-lomba dalam mendapatkan sebuah hal yang bisa menjadi sebuah pengakuan atas dirinya, contohnya prestasi, mempercantik diri, dan juga banyak teman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun