Mohon tunggu...
Salsa Rizqika Maharani
Salsa Rizqika Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dengan NIM : 20107030114

cinnamon rolls for sure👌

Selanjutnya

Tutup

Segar

Yuk! Lebih Produktif di Bulan Ramadhan

19 April 2021   14:09 Diperbarui: 19 April 2021   14:12 429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tidak terasa ya teman teman semua, puasa sudah memasuki hari ke 6 dan semoga kita selalu diberi kelancaran dalam menjalani puasa dibulan ramadhan ini. Biasanya dibulan puasa ini tidak bisa kita pungkiri lagi ya teman teman bahwa kita menjadi lebih malas atau lemas dalam menjalani kegiatan sehari hari, apalagi sekarang kita menjalani segala sesuatunya dirumah, saya pun begitu, pada bulan puasa yang sudah sudah, saya bisa bangun pukul 11 siang bahkan bisa lebih siang dari itu, alhasil ketika bangun badan menjadi lemas sekali, kepalapun terasa berat dan pusing, dan ketika ingin melakukan kegiatan yang seharusnya saya lakukan saya menjadi tidak bersemangat dan memilih untuk tiduran kembali, sepanjang hari saya hanya tiduran, saya bergerak hanya untuk solat, ohiya bukan hanya saya saja yang merasakan lemas dan malas dan melakukan kegiatan selama puasa, seisi rumah saya juga sama merasakannya. Biasanya kita akan mulai melakukan aktivitas setelah adzan ashar. Kalau dirumah, saya harus membereskan rumah, mencuci piring serta harus membersihkan kandang kucing, selebihnya untuk perkejaan rumah yang lain, adik adik saya yang mengerjakan.

   Biasanya setelah saya mandi dan solat ashar saya bersama ibu saya akan pergi untuk mencari takjil, dikomplek saya memang ada penjual takjil yang sudah terkenal, bahkan orang orang luar perumahanpun kalau membeli takjil pasti ke komplek perumahan saya, tapi biasanya ibu saya juga suka membuat kolak biji salak sendiri. Kegiatan itu terus berulang disetiap bulan puasa sampai saya merasa "kok saya tidak bisa lebih produktif lagi ya selama bulan puasa?" masa saya harus selalu rebahan selama bulan puasa, saya juga ingin seperti orang lain yang punya kegiatan lain selama bulan puasa. Akhirnya saya mendapat pencerahan yang tak sengaja yang saya dapatkan ketika saya sedang menonton youtube, tiba tiba youtube saya autoplay ke akun youtube Chloe things, buat yang belum tau Chloe things itu siapa, dia adalah seorang youtuber yang fokus pada bidang health and fitness, pada tahun lalu juga sebenarnya Chloe thing sempat menjadi omongan orang orang indonesia karena banyak orang yang menjalani olahraga dirumah aja hanya dengan menonton video youtube milik chloe thing. Akhirnya bagian saya yang dapat pencerahan dan hati saya juga tergerak untuk melakakukan olahraga dirumah aja bareng Chloe thing, hitung hitung saya punya kegiatan positif selama bulan puasa agar badan saya gak selalu merasa lemas gak karuan. 

   Saya melakakukan workout itu selama satu bulan full, saya mengikuti program yang paling populer yaitu "2 weeks shred challenge" sebenarnya Chloe thing mempunyai banyak program, tapi karena yang populer program "2 weeks shred challenge" saya jadi mengikuti program itu. Ternyata melakukan olahraga selama bulan puasa tidak membuat tubuh menjadi lebih lemas, awalnya saya kira saya akan merasa sangat haus ketika harus berkegiatan lebih bahkan untuk olahraga. Malahan setelah saya melakukan olahraga tubuh saya terasa lebih berenergi ketimbang saya hanya tiduran sambil main handphone. Saya juga jadi bisa melakukan kegiatan kegiatan yang lain tanpa merasa lemas, padahal sebelumnya saya sudah melakukan olahraga. Biasanya orang orang yang melakukan olahraga selama bulan puasa, mereka akan berolahraga pada pagi hari atau sore hari, kalau saya memilih untuk berolahraga pada sore hari, hitung hitung sekalian ngabuburit, biasanya juga saya berhenti berolahraga 30 menit sebelum adzan magrib, agar perut saya tidak langsung terisi makanan setelah berolahga. 

   Kalau saya sedang bosan dan terlalu mager untuk workout dirumah, biasanya saya juga mengajak teman satu komplek saya untuk bersepeda keliling komplek, atau juga saya jogging keliling komplek. karena saya sudah mulai nyaman dengan kegiatan berolahraga saya akhirnya saya mulai mengulik akun akun youtube yang serupa dengan Chloe thing, saya juga mulai melihat lihat akun youtube yang membahas tentang makanan makanan yang sehat, ternyata banyak sekali akun akun serupa. Yang saya jadikan patokan untuk hidup berolahraga sampai hari ini yaitu Youtuber Emi wong, Chloe thing, Pamela reif, video videonya saya jadikan playlist diyoutube dan saya download, jadi saya bisa melakukan olahraga dimanapun dan kapanpun. Untuk akun akun tersebut juga sepertinya orang orang di Indonesia sudah banyak yang tahu dan mengikuti program olahraganya, saya juga sebenarnya makin semangat begitu melihat testimoni orang orang di media sosial ketika mengikuti challenge tersebut, banyak orang yang sudah berhasil membentuk tubuh mereka menjadi lebih baik berkat Chloe thing, Emi wong, dan youtuber olahraga lainnya. 

   Dibulan puasa, sepertinya tidak ada salahnya kita melakukan kegiatan kegiatan yang membuat kita menjadi lebih produktif dan aktif bergerak, sepertinya juga puasa tidak mesti dijadikan alasan untuk tidak melakukan hal hal yang produktif dan memilih menjadi kaum rebahan, ternyata kalau dipikir pikir dan saya sudah merasakan sendiri bahwa, rasanya puasa lebih berat ketika saya hanya tiduran saja selama seharian ketimbang saya melakukan hal hal yang produktif seperti olahraga dari rumah, selain menjadi punya aktivitas lebih, tubuh juga tentunya lebih sehat, nilai yang lebih plusnya adalah badan saya lebih ideal dan berat badan saya turun, yang saya rasakan juga kulit wajah pun lebih mulus dari sebelumnya, malah kalau saya hanya tiduran saja dan tidak melakukan apa apa, kulit wajah saya lebih kusam. Kebiasaan baik ini masih berlanjut hingga sekarang.

Untuk kalian yang masih menjadi kaum rebahan, kalian bisa mencoba mengikuti olahraga dari rumah dan dipandu oleh youtuber youtuber tersebut, banyak orang yang sudah mencobanya termasuk saya, rasakan sendiri deh nanti perbedaan kalian dengan hanya rebahan saja dengan lebih prdouktif di bulan puasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun