Mohon tunggu...
Saepudin Hamzah
Saepudin Hamzah Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Part Time Traveler

Penggiat perjalanan yang sedang belajar menulis. email : saepudinhamzah5@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Mengenal Bontot, Makanan Khas Karawang.

12 Januari 2022   09:15 Diperbarui: 3 Maret 2022   20:32 12484
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Toko Bontot Rengasdengklok - Karawang

Bontot adalah salah satu makanan khas Kabupaten Karawang. Jika kita sering mendengar istilah "Bontot" adalah anak terakhir, berbeda halnya dengan bontot yang ada di Karawang ini, karena bontot yang satu ini adalah makanan khas yang terbuat dari sisaan adonan kerupuk.

Sedikit mengenal sejarahnya, bontot adalah makanan yang terbuat dari adonan kerupuk yang tidak bisa terpotong lagi itulah mengapa dinamakan bontot yang dalam bahasa Indonesia berarti bungsu atau anak yang terakhir, ibaratkan kakak-kakaknya adalah adonan yang sudah menjadi kerupuk sedangkan bontot adalah sisaan potongan adonan yang tidak bisa digunakan lagi.

Namun agar tidak terbuang percuma, sisaan adonan dikumpulkan yang ternyata jika digoreng dan disajikan dengan sambal menjadi makanan yang enak.

Bontot Sayur dan Ikan
Bontot Sayur dan Ikan

Dengan semakin banyak diminati oleh masyarakat, kini bontot telah sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar dan menjadi makanan khas Kabupaten Karawang yang juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Jika Anda tertarik untuk mencicipi rasanya, Anda bisa datang ke Toko Bontot yang beralamat di Jl. Kalijaya, Rengasdengklok Utara, Kec. Rengasdengklok Kab. Karawang.

Di toko ini menjual berbagai macam aneka bontot mulai dari bontot rasa ikan, udang bahkan ada yang rasa sayuran. Untuk Anda yang suka pedas, tersedia juga varian pedasnya.

Bontot Udang
Bontot Udang

Harganya sendiri cukup terjangkau, satu batang bontot ikan biasa dihargai Rp. 17.000 sedangkan untuk varian pedasnya Rp. 21.000. Untuk bontot udang harganya Rp. 21.000 untuk varian biasa dan Rp. 23.000 untuk varian pedas, sedangkan bontot sayuran harganya Rp. 26.000. Tekstur makanan ini agak sedikit kenyal dan tebal, namun rasanya tentu sangat gurih dan enak sama halnya seperti kerupuk, jangan lupa untuk disajikan dengan sambal agar lebih nikmat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun