Mohon tunggu...
Muhammad Saddam Isra
Muhammad Saddam Isra Mohon Tunggu... Mahasiswa Berprestasi FEM IPB 2020

Be the best version of yourself

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara Mudah Menjadi Mahasiswa Berprestasi

15 Mei 2020   22:35 Diperbarui: 16 Mei 2020   09:40 290 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mudah Menjadi Mahasiswa Berprestasi
aw-5ebeb61a097f361f3575dff2.png

 

Banyak orang beranggapan bahwa menjadi mahasiswa berprestasi adalah sesuatu yang sulit. Namun bagaimanakah halnya jika terdapat cara cara mudah untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Masihkah kita menyebutnya sebagai sesuatu yang sulit? Adakah rahasia khusus untuk menjadi mahasiswa berprestasi?

Mahasiswa berprestasi adalah penganugerahan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi skala provinsi, nasional, maupun internasional. Mahasiswa berprestasi tentu tergolong istimewa. Seseorang biasanya akan menjadi mahasiswa berprestasi ketika mampu menyelaraskan prestasi akademik dan non-akademik. Tetapi perlu diingat, menjadi mahasiswa berprestasi akan mudah jika kita fokus dan konsisten dalam mencapai hal tersebut.

Cara Mudah Menjadi Mahasiswa Berprestasi:

1. Menetapkan tujuan dan prinsip

Tujuan dan prinsip tentu harus direncakan dengan baik sebelum kita melakukan suatu hal. Pepatah mengatakan ketika kita gagal merencanakan itu artinya kita merencanakan sebuah kegagalan. Intinya tujuan di bidang yang kita pilih nantinya harus SMART, yakni Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely. Serta, jangan lupa untuk meluruskan niat dan mengiringi proses dengan doa.


2. Disiplin dan adaptif

Kedisiplinan adalah kunci dari segala keberhasilan. Talenta tanpa diiringi kerja keras tidak akan terbentuk menjadi kesuksesan. Tetapi, kita juga harus memahami bahwa saat ini dunia sangat bergerak cepat. Jiwa adaptif harus kita miliki agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

3. Kuliah dengan sungguh-sungguh

Saat kita ingin menjadi mahasiswa berprestasi, kita tidak boleh lupa dengan tujuan utama kuliah. Usahakan hadir tepat waktu, tidak bermain gadget saat kuliah, dan meresume materi dengan baik. Hal ini sangat penting diterapkan, karena IPK merupakan salah satu kriteria penilaian dalam menjadi mahasiswa berprestasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN