Mohon tunggu...
Zuni Fatmasari
Zuni Fatmasari Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis Cerita Fiksi

Wanita yang lahir di perkampungan pesisir dan suka menulis cerita-cerita fiksi yang menginspirasi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

8 Cara Mengatasi Stres dengan Mudah

20 April 2024   22:33 Diperbarui: 20 April 2024   22:39 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: www.cekkembali.com

Cara mengatasi stres adalah jalan yang sangat membantu bagi setiap orang yang sedang mengalami tekanan dalam hidupnya. Namun tidak semua orang dapat mengatasinya sendiri, apalagi mereka yang sedang mengalami stres akut akibat terjadinya peristiwa traumatis, tentunya mereka akan sangat membutuhkan bantuan dari tenaga ahli atau psikolog.

Melansir dari artikel P2PTM Kemenkes RI, stres merupakan kondisi di mana seseorang mengalami reaksi baik secara fisik maupun psikis terhadap perubahan lingkungan yang mengharuskan orang tersebut menyesuaikan diri. Pada umumnya, stres dapat dirasakan ketika seseorang mengalami tekanan atau ketidakmampuan dalam mengendalikan situasi yang sedang menimpanya.

Stres tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa saja, tapi juga anak-anak meskipun dalam karakteristik yang berbeda. Stres berlebih dapat mendatangkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh dan jiwa seseorang. Namun stres yang masih dalam level ringan ternyata dapat membawa pengaruh positif, seperti menumbuhkan motivasi untuk mencapai tujuan atau lebih waspada jika suatu saat mengalami kejadian buruk yang sama.

Ada banyak hal yang dapat menjadi pemicu timbulnya stres, peristiwa di atas adalah salah satunya. Penyebab lainnya bisa didapat dari konflik keluarga, beban pekerjaan, lingkungan yang kurang aman, serta hal-hal buruk lainnya. Berikut ada 8 cara mengatasi stres yang bisa Anda coba.

1. Ceritakan Masalah pada Orang Terdekat


Sering kali masalah yang Anda pendam malah akan menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Pikiran yang kacau dan hati yang tidak tenang dapat menghambat aktivitas yang seharusnya dapat diselesaikan dengan sempurna.

Sayangnya, memendam masalah sendiri masih dianggap sebagai tindakan yang wajar. Padahal akan lebih baik jika Anda bercerita kepada orang terdekat (yang dapat dipercaya). Dengan begitu, beban Anda akan sedikit berkurang.

2. Rutin Berolahraga

Selain untuk menjaga kesehatan fisik, rutin berolahraga juga berguna meningkatkan kesehatan psikis. Di beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat menjadikan seseorang lebih tenang dan bahagia, sebab dapat menurunkan produksi hormon stres (kortisol). Anda bisa memulai dengan bersepeda santai atau melakukan jogging di pagi hari untuk membantu hari-hari Anda lebih berwarna.

3. Lakukan Kegiatan yang Disukai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun