Mohon tunggu...
Bude Ruri
Bude Ruri Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Metode Pembelajaran Pembiasaan, Solusi bagi Siswa yang Malas Membaca

7 Oktober 2021   09:18 Diperbarui: 7 Oktober 2021   11:22 889 17 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Warsiah, Kepala SDN 013 Desa Bulu Perindu, Kecamatan Tanjung Selor, Kalimantan Utara memberikan bimbingan membaca kepada siswa dengan metode kartu baca (Dok. Inovasi Kaltara via Kompas.com)

Pada artikel sebelumnya, saya pernah menuliskan tentang beberapa siswa belum bisa membaca. Salah satu sebab, kurangnya pendampingan belajar di masa pandemi.

Sudah dua tahun pandemi covid ini menyelimuti negeri yang dikenal dengan sumber daya alam yang melimpah, gemah ripah loh jinawi. 

Adanya pandemi covid menjadikan bangsa ini terpuruk dalam segala bidang, mulai dari sistem ekonomi, perdagangan dan industri, serta yang tak kalah pentingnya lumpuhnya sistem pendidikan.

Dengan berjalannya waktu, kami para guru dikenalkan dengan sistem pembelajaran dalam jaringan atau dikenal dengan istilah daring. 

Walaupun banyak kendala namun tidak ada pilihan lain, kami harus melaksanakan metode ini karena pandemi masih menghantui masyarakat Indonesia.

Pembelajaran dengan sistem daring menjadi salah satu sebab bagi siswa yang belum lancar membaca. 

Belajar di rumah tanpa ada pendampingan orang tua, karena sebagai buruh tani mereka sibuk bekerja di sawah, menambah deretan panjang penyebab rendahnya minat belajar siswa.

Rendahnya minat membaca

Suatu hari ketika memasuki ruang kelas V, dengan bersemangat saya mengajar muatan pelajaran Bahasa Indonesia. 

Setelah menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa siswa mampu memahami teks yang dibaca, saya menyampaikan kepada siswa untuk membaca teks terlebih dahulu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan