Mohon tunggu...
ruaida silfani
ruaida silfani Mohon Tunggu... pegawai swasta

mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manajeman Jasa : Konsep, Prinsip Dan Penerapannya, Dalam Bisnis Modern

12 Oktober 2025   20:25 Diperbarui: 12 Oktober 2025   20:24 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, sektor jasa memiliki peranan yang semakin dominan dalam perekonomian. Jasa tidak hanya terbatas pada layanan perbankan, transportasi, atau pendidikan, tetapi juga meliputi berbagai bidang seperti pariwisata, kesehatan, konsultasi, hingga layanan digital. Untuk dapat bersaing dan memberikan kepuasan kepada pelanggan, perusahaan perlu menerapkan manajemen jasa yang efektif.

Pengertian Manajemen Jasa

Manajemen jasa merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan dalam penyediaan layanan kepada konsumen agar tercapai kepuasan pelanggan dan tujuan organisasi. Berbeda dengan produk fisik, jasa bersifat intangibel (tidak berwujud), tidak dapat disimpan, serta melibatkan interaksi langsung antara penyedia jasa dan pelanggan. Oleh karena itu, manajemen jasa menuntut strategi yang berfokus pada pengalaman dan kualitas pelayanan.

Karakteristik Jasa

Ada empat karakteristik utama dalam jasa, yaitu:


1. Intangibility (Tidak Berwujud) -- Jasa tidak dapat dilihat atau disentuh sebelum dikonsumsi. Pelanggan hanya bisa menilai jasa berdasarkan pengalaman atau hasil layanan.


2. Inseparability (Tidak Terpisahkan) -- Produksi dan konsumsi jasa terjadi secara bersamaan. Misalnya, layanan salon dilakukan saat pelanggan hadir.


3. Variability (Bervariasi) -- Kualitas jasa dapat berbeda tergantung pada siapa yang memberikan, kapan, dan bagaimana layanan itu dilakukan.


4. Perishability (Tidak Tahan Lama) -- Jasa tidak bisa disimpan atau dijual kembali. Jika waktu layanan terlewat, kesempatan tersebut hilang.

Fungsi dan Tujuan Manajemen Jasa

Fungsi utama manajemen jasa adalah memastikan bahwa seluruh proses pelayanan berjalan efisien dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Tujuannya meliputi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun