Mohon tunggu...
Rivah
Rivah Mohon Tunggu... LimaGaris

LimaGaris Tetap Membaris Sampai Kata Kata Habis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar Jarak Jauh di Masa Libur Pencegahan Penyebaran COVID-19

25 Maret 2020   14:29 Diperbarui: 25 Maret 2020   14:57 36 0 0 Mohon Tunggu...

"Matri minggu ayeuna ngeunaan babasan jeung paribasa, penjelasanna tiasa ditonton langsung." Kata Kusaeri. Guru bahasa sunda Madrasah Aliyah membuat bahagia para murid atau siswa siswi yang sekarang di liburkan sebagai cara pencegahan penularan Covid-19 di Indonesia khususnya di Kabupaten Bogor (24/02/20).

https://youtu.be/0R09sQkvD6Q

Menjelaskan materi pembelajaran jarak jauh lewat video yang bisa diakses kapan pun oleh peserta didik dan tidak terlalu membebankan bagi siswa siswi karena fakta besar mengatakan siswa/siswi lebih biasa menyimak dari pada membaca. Guru bahasa sunda Madrasah Aliyah menjawab dan memecahkan solusi dari aspirasi pelajar yang merasakan betapa beratnya melaksanakan dan mengerjakan tugas dari guru mata pelajaran yang bertubi-tubi dan berlama-lama dengan gawai dikesehariannya.

Salah satu siswa dalam kondisi dan situasi seperti ini banyak yang mengeluh serta beraspirasi.
"Mere pelajaran jarak jauh. Lain mere tugas jarak jauh. Mun tugas dijadikeun pelajaran teu jadi salah oge.
Cuma aspirasi na kunaon tugas na kabeh hampir bareng doang." Kata Rivah dalam diskusi lewat daring.

"Dan kadang tugas oge sok jadi alesan ka luar imah." Ujar Dani menambahkan aspirasi Rivah.

"Iya.. Kalo mau ngsh tugas atau materi seharusnya sesuia jadwal nya gitu.. Jgn inimah aturan gada jadwalnya malah jadi ada.. Trs yg tadinya jadwalnya cmn ada 2 kali.. Malah jadi bnyak." Farah pun ikut antusias dalam diskusi dalam WhatsApp Group.

"Saya ngambil jalan tengahna nyah, mungkin kieu guru hawatir maranh kukuluyuran salila per mangkana dibr tugas sabreg2 supaya bisa menghambay kukuluyuranna.
Tapi ternyata itu bukan solusi kan? Alternatifna sigana mh perlu dibjaan ka siswa euwoh jero tentang bahaya covid-19 bari dipatalikeun jeung matri pembelajaranna." Diskusi nu diakhiri solusi atau jalan akhirna yang diaminkan oleh semua peserta diskusi dan semoga solusi yang disepakati dapat terealisasi disemua mata pelajaran berbasis jarak jauh.

Kini Covid-19 menjadi pembahasan penting disemua kalangan. Dari anak kecil, dewasa, tua dan lain sebagainya. Dan bagaimana cara kita membuat mereka tahu betapa bahayanya, cara mencegahnya, tanda tanda nya, menentukan berita fakta dan hoaks dan lain sebagainya agar topik tentang Covid-19 yang dibahas atau dibicarakan oleh semua kalangan tidak dipelesetkan bahkan di jadikan bahan lelucon.

"Belajar Online tidak harus selalu memberi tugas, kadang kita sesekali kita perlu menjelaskan, mau lewat VN atau Video ke siswa. Banyak soal yg mereka belum pahami, banyak materi yg belum mereka mengerti. Tpi menjelaskan lewat lisan setidaknya mereka menyimak dibandingkan kita suruh membaca." Kata Kusaeri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x