Mohon tunggu...
Risna Nugroho
Risna Nugroho Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Blogger, Ibu Rumah Tangga, Homeschooler, Chiang Mai, Thailand, tulisan lainnya di blog.compactbyte.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Alasan Saya Lebih Suka Buku Digital

11 Mei 2020   16:23 Diperbarui: 11 Mei 2020   16:24 686
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kindle dengan e-ink untuk kenyamanan membaca e-book (sumber: dokpri)

Berbicara tentang buku, saya tahu masih lebih banyak yang menyukai buku fisik daripada buku digital. Dari obrolan dengan teman-teman saya, umumnya alasan lebih menyukai buku fisik terutama karena aroma buku dari kertas. Untuk alasan ini, saya masih senang masuk ke toko buku walaupun tidak selalu membeli bukunya.

Alasan lainnya, ada yang senang mencoret-coret langsung di atas buku untuk kata-kata yang berkesan dan ingin diingat. Ada juga yang senang menambahkan catatan di samping buku tentang apa yang didapatkan ketika membaca paragraf tertentu.

Setiap orang memang punya selera yang berbeda. Buat saya buku itu lebih penting isi daripada bentuk. Untuk buku yang berisikan gambar dan diagram yang banyak, tentunya saya lebih menyukai buku dalam bentuk fisik, apalagi kalau bukunya di cetak dalam kertas yang berukuran besar. Semakin besar semakin baik. Tapi untuk buku-buku yang isinya cerita seperti novel, kumpulan cerpen atau self-help, saya lebih suka dalam bentuk digital.

Buku digital bukan hanya format pdf saja

Buku digital/e-book bukan berupa buku yang disimpan dalam format pdf saja. Penjelasan tentang perbedaan berbagai format buku digital bisa dilihat di tulisan saya di blog. Kalau sebuah buku yang sama tersedia dalam buku berformat statis/cetak (pdf) dan dinamis(mobi dan epub), tentunya saya akan lebih menyukai bentuk dinamis yang ukuran huruf dan spasi nya bisa dibesar kecilkan mengikuti kenyamanan mata.

Ada beberapa alasan saya menyukai buku digital dibandingkan buku fisik. Tapi tentunya saya masih membeli buku fisik juga sesekali. Berikut ini alasan saya menyukai buku digital.

1. Lebih mudah dan murah memperolehnya

Kalau pilihannya membeli buku dengan ongkos kirim dari Indonesia ke Thailand atau membeli buku berformat pdf yang langsung bisa diunduh, sudah tentu saya memilih beli buku digital. Biasanya buku digital harganya lebih murah daripada buku fisik, kalaupun harganya sama, saya sudah menghemat ongkos kirim.

Saya merasa lebih butuh isi bukunya daripada bentuk fisiknya. Untuk mengakali supaya mata tidak sakit ketika membaca buku dengan format pdf, saya akan membacanya di komputer yang layarnya lebar, atau di tablet berukuran 10 inci. 

Mungkin akan ada yang merasa, kalau harus membeli tablet lagi, jadi tidak lebih murah secara biaya. Tapi kalau dihitung dengan benar, dengan banyaknya jumlah buku yang bisa dibaca di tablet, dan pada dasarnya banyak juga orang yang punya tablet selain ponsel, pada akhirnya akan lebih ekonomis membeli buku digital dan dibaca di tablet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun