Rikho Kusworo
Rikho Kusworo Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis Memaknai Hari

Karyawan swasta, beranak satu, pecinta musik classic rock, penikmat bahasa dan sejarah, book-lover.

Perjalanan ke Ethiopia (Bagian 3 - Habis)

6 Februari 2022   20:48 Diperbarui: 6 Februari 2022   21:11 1037
Aku mendarat di Addis Ababa,Ethiopia,Bole International Airport. 25 Juli 2019/Dokpri

25 Juli 2019 Addis Ababa Ethiopia

Kami tiba di Addis Ababa, ibukota Ethiopia,Bole International Airport pukul 06.15 waktu Ethiopia ( 10.15 pagi WIB). Addis Ababa kota yang berelevasi 2300 mdpl. Udaranya dingin. Jaket winter yang kubawa menghangatkanku.

Kami berjalan menyusuri lorong lorong menuju area keberangkatan domestik. Aku menatap hiruk pikuk suasana bandara. Aku selfie depan pesawat Ethiopian Airline. Mencermati senyum pramugari cantik khas Ethiopia. Pramugari dari Ethiopian Airline berbaju hijau yang menarik koper barang bawaan. Kulihat para petugas memasukkan kargo ke dalam badan pesawat. Kunikmati momen momen dan menyadari diriku telah menginjak bumi Afrika.

Pramugari Ethiopian Airline menarik barang bawaan. 25 Juli 2019. Dokpri

Kami terus berjalan dan tiba di satu tempat titik berkumpul. Sebuah bus mengantar kami menuju terminal keberangkatan domestik. Dari Addis Ababa kami harus menempuh perjalanan sejauh 215 km menuju kota Hawassa. Lima menit kemudian kami sampai di terminal keberangkatan domestik.

Kami harus melewati pengecekan imigrasi. Aku minta tim untuk mengeluarkan passport dan boarding pass tiket Addis Ababa-Hawassa. Hatiku berdebar. Ini pertama kali aku harus berhadapan dengan petugas imigrasi di negara orang.

Di balik loket, petugas imigrasi hanya menanyakan beberapa pertanyaan, untuk tujuan apa dan dimana kami akan tinggal nantinya di Hawassa. Setelah itu petugas membubuhkan cap di passportku. Aku amati teman temanku lain tidak mengalami kendala berhadapan dengan imigrasi.

Setelah melewati clearance di imigrasi kami harus mengantri menuju terminal keberangkatan domestik. Petugas bandara mengecek boarding pass kami. Petugas mengatakan bahwa tiket boarding pass kami kadaluwarsa. Kami tidak boleh masuk antrian.

Di tiket tertulis Addis Ababa -- Hawassa 24 Juli, padahal aktualnya kami tiba di Addis Ababa 25 Juli. Petugas bandara mengarahkan ke loket informasi.

Suasana konter informasi mirip pasar kecil. Tidak ada antrian. Kerumunan orang mengepung meja konter. Siapa yang bersuara dan bertanya duluan dia yang akan dilayani. Petugas di konter informasi kemudian mengarahkan rombongan kami ke konter petugas Ethiopian Airline.