Mohon tunggu...
Ahmad Nur Rifqi
Ahmad Nur Rifqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bukan Mahasiswa Biasa

Ilmu pengetahuan, perasaan, pengalaman, keresahan, ide dan banyak hal lainnya yang dapat menjadi alasan kuat untukmu menulis. Simpan tulisan itu, dan itu akan menjadi salah satu alat bantu bagimu untuk mengingatnya.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Lindungi Bumi Kita dengan Net-Zero Emission

24 Oktober 2021   07:50 Diperbarui: 24 Oktober 2021   07:54 103 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Net-Zero Emission (NZE), adalah kondisi dimana emisi karbon dibumi ditekan hingga pada angka 0 (nol). Hal Ini merupakan suatu harapan besar dunia untuk kehidupan yang jauh lebih baik di masa depan. 

Sebagai informasi, emisi karbon merupakan kondisi dimana saat zat sisa pembakaran yang notabene mengandung unsur karbon dibuang secara bebas ke lingkungan. Tentu zat tersebut akan banyak memberikan efek kerusakan jangka pendek maupun jangka panjang kepada semua ekosistem disekitar yang terdampak, tidak terkecuali pada manusia.

Suara perubahan kembali ramai disampaikan, salah satunya dari pemerintah kita yang kembali mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengurangi emisi karbon. 

Perlu diketahui bahwa emisi karbon menyebabkan multiplier effect atau dampak berganda. Tidak hanya berimbas buruk pada lingkungan dan kondisi iklim, namun dampak buruk lain juga akan terasa di sektor lain, seperti sektor ekonomi maupun kesehatan.

 Lalu apa keuntungan mengurangi emisi karbon?

Melihat dampak negatif berganda yang ditimbulkan oleh emisi karbon, tentu akan didapati pula dampak positif berganda yang saling berkaitan ketika kita berhasil meniadakan emisi karbon. Kali ini kita akan coba mengulas beberapa kaitan dari sektor-sektor tersebut.

  • Lingkungan & Iklim

Ketika atmosfer sudah dicemari dengan zat-zat hasil pembakaran senyawa berbahaya yang kita kenal dengan “efek rumah kaca”. Hal ini akan menyebabkan pemanasan global secara cepat yang tentunya akan merusak ekosistem, perubahan iklim, perluasan area tandus, hingga naiknya permukaan laut.

Ketika emisi karbon berhasil diminimalisir bahkan dihilangkan dari bumi, maka lingkungan akan menjadi nampak lebih hidup. Artinya perubahan iklim sebagai dampak dari efek rumah kaca yang salah satunya disebabkan oleh berlebihnya kadar karbon di atmosfer menjadi berkurang. Suhu bumi menjadi lebih normal sehingga daerah yang rutin mengalami kondisi panas maupu curah hujan yang ekstrem berpotensi untuk dapat diminimalisir.

        Dampak positif lain pada lingkungan adalah kualitas air bersih akan semakin meningkat. Kita tahu dengan kualitas udara yang baik, maka akan menyebabkan hujan yang turun tidak terlalu banyak membawa kandungan zat/senyawa yang berbahaya. Oleh karena itu, kualitas air akan jauh lebih baik utamanya ketika digunakan untuk kebutuhan konsumsi.    

  • Ekonomi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa emisi karbon menjadi salah satu penyebab perubahan iklim yang sangat sulit untuk diprediksi, sehingga menyebabkan banyak kondisi ekstrem terjadi di berbagai daerah utamanya di Indonesia. Mungkin di beberapa daerah mengalami kemarau ektrem, namun di daerah lainnya mengalami curah hujan yang ekstrem.

Kondisi kering yang berkepanjangan maupun curah hujan yang berlebih mennyebabkan kegagalan panen secara masif. Hal ini menyebabkan beberapa komoditi menjadi sulit untuk didapatkan, sehingga menjadikan harga di pasaran menjadi melonjak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan