Mohon tunggu...
Rieffa Nur Rochma
Rieffa Nur Rochma Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Rieffa Nur Rochma

Rieffa Nur Rochma STIAMAK Barunawati

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengalaman Pembelajaran Sumber Daya Manusia di STIAMAK Barunawati Surabaya

1 Agustus 2021   20:46 Diperbarui: 1 Agustus 2021   21:09 197 37 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Pembelajaran Sumber Daya Manusia  di STIAMAK Barunawati Surabaya
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

STIAMAK Barunawati Surabaya merupakan sebuah sekolah tinggi Ilmu Administrasi yang didirikan pada tahun 1990 di Kota Surabaya. Pada awalnya sekolah tinggi ini membuka jenjang D3 jurusan Administrasi Niaga, kemudian pada tahun 1994 sekolah tinggi ini menjadi sekolah tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) untuk jenjang S1. 

Sekolah tinggi ini mempunyai 2 jurusan yaitu Ilmu Administrasi Bisnis Kepelabuhan dan Ilmu Administrasi Bisnis Logistic. Selama jenjang S1 mahasiswa harus melalui 8 semester, yang dimana disetiap semester mempelajari berbagai mata kuliah yang berhubungan dengan jurusan yang diambil, salah satunya pada semester 4 ini.

Dalam semester 4 ini mahasiswa mempelajari salah satu mata kuliah yang membahas tentang SDM (Sumber Daya Manusia). Mata kuliah ini dibimbing oleh Bpk. Dr. Nugroho Dwi P., Msc., selaku Ketua dan Dosen STIAMAK Barunawati Surabaya, beliau mengajar mata kuliah SDM (Sumber Daya Manusia) selama 1 semester. 

Selama beliau mengajar, beliau memberikan banyak sekali informasi – informasi mengenai mata kuliah SDM yang meliputi beberapa hal. Mata kuliah SDM ini mencakup beberapa informasi salah satunya  mengenai Struktur Organisasi dalam SDM, materi ini membahas tentang Lingkungan Pekerjaan, bagaimana kita mengatasi rekan kerja yang mungkin seringkali tidak satu pendapat dengan kita, dan masih banyak lagi.

Dalam materi yang dibahas di setiap semester pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal menyampaikan maupun memahami materi yang dipaparkan. Dalam semester 4 ini khusunya pada materi pembelajaran tentang SDM terdapat kelebihan dan kekurangan. Kelibanhannya adalah mahasiswa mampu memahami lebih dalam tentang Sumber Daya Manusia di era 4.0. 

Jika mahasiswa selama pertemuan ada yang kurang paham materi tersebut Bapak sekaligus dosen pengajar akan menjelaskan Kembali kepada mahasiswa – mahasiswa sampai mereka memahami kembali. 

Dan kekurangannya adalah di era pandemic ini semua Universitas / Sekolah Tinggi melakukan pembelajaran via online / daring, yang dimana kita tidak bisa bertatap secara langsung dengan dosen pengajar sehingga kita merasa lebih kurang konsentrasi, mengalami kebingungan, dan takut untuk bertanya.

Melalui mata kuliah ini mahasiswa bisa mempraktikan materi tersebut secara langsung dalam sebuah organisasi maupun perusahaan khususnya bagian yang mengatur Sumber Daya Manusia (SDM) seperti HRD, Human Resource, Karyawan. 

Selain itu, melalui materi ini mahasiswa akan mengetahui cara untuk menyampaikan sesuatu yang mungkin orang lain tidak akan memahami apa yang kita pahami sekaligus menghargai perasaan seseorang yang kita ajak berbicara. 

Dalam materi ini mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara beretika dengan baik. Selain itu,  mahasiswa juga akan mengetahui cara mengatasi permasalahan – permasalahan yang sering terjadi terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah organisasi maupun perusahaan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x