Mohon tunggu...
Florentina Retno Parwiyati
Florentina Retno Parwiyati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Simple life to be a better person

Menulis sejak 2015 Menulis untuk menumpahkan rasa. Menulis dengan cara sederhana.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Dolan Budaya Kompasianer Jogja

30 Juli 2022   00:51 Diperbarui: 30 Juli 2022   00:57 61 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kemegahan pendopo dan pintu masuk Keraton Yogyakarta, dokpri

Banyak yang bilang Jumat hari yang penuh berkah dan hari terbaik untuk berbagi berkat. Orang Jawa menyebutnya dengan Jemuah Berkah. Rasanya tepat sekali, Jumat kemarin (29/7) Kompasiana Jogja berbagi berkat dengan mengajak anggotanya Dolan Budaya keliling Kraton Jogja

Senang pastinya, karena ini adalah kesempatan pertama saya masuk area Keraton Yogyakarta. Selama tinggal di Jogja, sudah 10 tahun lebih lho, baru kali ini berkesempatan mengunjungi area dalam Keraton. 

Padahal beberapa kali ke Siti Hinggil, pagelaran dan juga ke Museum Kereta Keraton. Bak kejatuhan  durian runtuh saat admin Kompasiana Jogja mengumumkan event KJOG mengajak untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta, saya jadi orang pertama yang ingin ikut dengan penuh semangat.

Tibalah hari yang ditunggu, kami para kompasianer Jogja yang ikut acara langsung berkumpul di depan pintu keraton, karena semangatnya semua peserta datang tepat waktu jam 08.00 WIB sesuai kesepakatan dari admin. Padahal loket baru buka pukul 08.30 WIB. 

Gak apalah kami bisa ngobrol bersama teman-teman yang sudah lama tak berjumpa. Dan ada waktu untuk menikmati snack yang sudah disediakan oleh pengurus kompasianer Jogja. Pengganjal perut untuk yang belum sarapan, supaya full power saat jalan-jalan.

Tepat pukul 08.30 admin meminta tolong saya untuk  membelikan tiket semua peserta yang hadir (bukan pakai uang saya lho ya). Saya bergegas ke loket penjualan tiket. Harga tiket masuk Rp 8000 rupiah per orang. Sangat terjangkau. Saya juga menanyakan bagaimana kalau kami ingin menggunakan guide. 

Dengan ramah petugas menjawab dipersilakan. Oh iya untuk guide disini tidak ada patokan biayanya. Siapapun  yang menggunakan jasa guide bisa memberikan tip kepada guide yang menemani selama berkeliling Keraton sepantasnya. Tak ada salahnya berbagi rezeki lebih.

Rombongan Kompasianer Jogja mendengarkan penjelasan dari Ibu Nur, guide yang memandu kami, dokpri
Rombongan Kompasianer Jogja mendengarkan penjelasan dari Ibu Nur, guide yang memandu kami, dokpri

Setelah membeli tiket kami langsung menuju pintu masuk sesuai arahan petugas, sebelumnya kami mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun ditempat yang sudah disediakan. Tetap ikuti prokes ya dan wajib pakai masker. Demi saling menjaga. Rombongan dari kompasianer Jogja dipandu oleh guide senior bernama Ibu Nur.

Dari pintu masuk Bu Nur mulai menjelaskan dengan detail satu persatu tempat, simbol yang ada dan terpasang, juga menjelaskan beberapa pembagian ruang dan fungsinya. Saya pun tertegun begitu memasuki halaman luas dengan berbagai macam jenis dan bentuk bangunan yang sangat artistik dan penuh makna serta mempunyai nilai filosofis dan sejarah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan