Mohon tunggu...
Renaldi Fadliansyah
Renaldi Fadliansyah Mohon Tunggu... u are never too old to learn.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Kalijaga (20107030033)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Ramadan Masih di Tengah Pandemi? Ini Skill yang Bisa Kawula Muda Pelajari

16 April 2021   14:32 Diperbarui: 16 April 2021   14:48 174 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Masih di Tengah Pandemi? Ini Skill yang Bisa Kawula Muda Pelajari
Sumber Foto : m.brilio.net

Ramadan adalah momen yang sangat mulia bagi umat muslim di seluruh dunia, kita sebagai generasi milenial yang taat akan agama tentunya akan mengisi ramadhan dengan kegiatan untuk menambah amalan-amalan kepada Allah SWT.

Disamping kegiatan spritualitas yang kita amalkan sehari-hari, tentunya kita masih mempunyai waktu luang yang bisa kawula muda gunakan untuk meng-upgrade skill yang kita miliki. Kawula muda bisa meningkatkan skill seperti menulis, editing video atau foto, bahkan belajar bahasa inggris untuk kepentingan masa depan.

Sebagai anak muda yang memanfaatkan modernitas yang terus berkembang tentunya kita bisa memanfaatkan aplikasi yang gratis dan bagus. Contohnya jika kita ingin belajar dengan memanfaatkan handphone yang kita miliki, banyak aplikasi editing video yang sangat mudah kita pelajari dan gunakan seperti VN, KINEMASTER, dan iMovie.

Jika kita belum mempunyai footage yang akan digunakan untuk editing, kita bisa mencari footage gratis yang tersedia di youtube, maupun aplikasi lainnya.Kita bisa belajar bagaimana editing video yang bagus dengan memperhatikan tata-letak footage, pemotongan footage yang pas serta memperhatikan color-grading, dan musik yang pas.

Banyak aspek yang perlu kita perhatikan dalam editing, baik video maupun foto. Terlebih kita harus memulai terlebih dahulu agar paham akan instrumen-instrumen yang ada dalam aplikasi editing. Untuk aplikasi editing foto banyak yang gratis dan sangat bagun seperti PicsArt, Adobe Photoshop Lightroom, dan VSCO CAM.

Banyak kelebihan yang bisa kita gunakan dengan smartphone,banyak filter yang tersedia untuk mengubah tone warna foto menjadi lebih hidup. Selain itu banyak tools yang bisa kita gunakan dengan mudah, beberapa tools yang digunakan untuk meningkatkan exposure, highlight dan shadow untuk menonjolkan warna tertentu.

Filter dalam aplikasi ini umumnya dirancang untuk meniru film analog, klasik dan modern. Setiap filter bisa disesuaikan berdasarkan keinginan kita.

Banyak yang bisa kita manfaatkan dari smartphone, dan sudah banyak tutorial untuk mempelajarinya, terlebih kita harus mempunyai niat agar mampu menguasi aplikasi-aplikasi editing yang ada di smarthphone.

Berbeda lagi untuk aplikasi editing video maupun foto yang ada di laptop, tentunya kita harus memahami tools secara detail agar mampu menguasai dengan lancar. Beberapa aplikasi yang ada di laptop juga mudah digunakan untuk bebagai macam kepelerluan, contoh keperluan para youtuber agar editing mereka maksimal.

 Youtuber tentunya menggunakan aplikasi editing di laptop demi untuk mengedit konten mereka dengan semaksimal mungkin, apalagi jika youtuber itu bergerak dalam channel  review gadget atau vlog. Tentunya mereka harus menunjang video dengan kualitas yang bagus agar mampu menarik para penonton.

Aplikasi editing video yang simple dan banyak digunakan adalah Adobe Premiere Pro, software ini tidak mengeluarkan aplikasi edit video untuk pc saja, tapi juga mengeluarkan software untuk menyunting foto.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x