Mohon tunggu...
Raudatul Dinda
Raudatul Dinda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Do the best but dont feel the best

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ahlus Sunnah Wal Jamaah dalam Pandangan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama

21 Oktober 2021   21:48 Diperbarui: 21 Oktober 2021   21:57 390 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ahlus Sunnah Wal Jamaah itu sebagai golongan, faham, atau mazhab? 

Ahlus Sunnah Wal Jamaah itu sebagai golongan, faham, atau mazhab? 

Sebelum kita membahas tentang Muhammadiyah dan NU, perlu kita ketahui apa itu Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Bagi umat Islam di Indonesia, istilah Ahlus Sunnah Wal Jammah sudah tidak asing lagi karena hampir kita seluruh umat Islam Indonesia mengaku dirinya itu golongan Ahlus Sunnah Wal Jamaah. 

Tetapi, dalam perkembangan di Indonesia menjadi masalah. Hal ini mengakibatkan terjadinya perpecahan diantara umat Islam, karena antara golongan yang satu dengan yang lain, saling mengklaim bahwa diri dan golongannya adalah golongan yang Firqah Najiyah (kelompok yang selamat).

Ahlus Sunnnah Wal Jamaah adalah ungkapan Nabi Muhammad Sallahu A'laihi Wa Sallam. Man ana 'alaihi wa ashabi" berarti, golongan aswaja adalah yang mengikuti ajaran Islam sebagaimana yang telah dianjarkan dan diamalkan Nabi agung Rasulullah beserta para sahabatnya beliau. Ahlus Sunnah Wal Jamaah merupakan salah satu diantara banyak aliran dan sekte yang bermuculan dalam Islam.

Akan tetapi, sejauh ini tidak ada satupun ayat Al-Qur'an yang menyebut secara lafadz istilah Ahlus Sunnah Wal Jamaah, tetapi secara maknawi terdapat banyak ayat Al-Qur'an yang mengandung tentang Ahlus Sunnah Wal Jamaah sebagai nilai-nilai luhur yang harus diikuti setiap Muslim agar keselamatan dan  kasih sayang Allah.

Apakah Muhammadiyah bisa dikatakan sebagai Ahlus Sunnah Wal Jamaah ?

Nah, seperti kita ketahui Muhamadiyah adalah sebuah organisasi gerakan Islam yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan, sekaligus sebagai Jami'ah Diniyah terbesar  di Indonesia. Muhammadiyah mengindentifikasi dirinya sebagai Ahlus Sunnah Wal Jamaah, meskipun dalam bahasa berbeda dengan organisasi Islam lainnya.

Dalam beberapa tulisan tentang Muhammadiyah diantaranya DR. Aribyah Lubis  menyatakan bahwa Muhammadiyah termasuk faham Ahlus Sunnah Wal Jamaah, berarti kelompok yang berupaya mengikuti dan  menegakkan sunnah Nabi dan sahabatnya secara murni dengan mengacu kepada Al-Qur'an dan Sunnah.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa ketertaitan Muhamadiyah dengan Ahlus Sunnah Wal Jamaah ialah dalam pengertian Muhammadiyah termasuk golongan Ahlus Sunnah Wal Jamaah, karena Muhammadiyah merupakan golongan Islam yang beraqidah, bersumber pada Al-Qur'an dan Sunnah Shahihah, dengan identitasnya sebagai gerakan dakwah dan tajdid.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan