Sebagai generasi Z yang d dominasikan anak 2000 an yang kini sudah penuhi dunia kerja, ternyata kehadiran gen Z di dunia  membawa perubahan yang signifikan, yang kebanyakan membawa perubahan positif terutama di perusahaan masing-masing.
Sadarkah kita bahwa selama ini banyak sekali budaya kerja yang buruk terutama di Indonesia, apa sih penyebabnya ?
Penyebab Budaya Negatif di Lingkungan Kerja:
1. Buruknya Komunikasi
Kurangnya komunikasi yang terbuka atau bahkan secara transparan diduga pemicu budaya kerja semakin buruk yang berakibatkan kesalahpahaman, konflik, misscom.
2. Pemimpin yang Otoriter
Memiliki pemimpin yang tidak memikirkan kesejahteraan karyawan merupakan hal buruk di perusahaan, ketika mereka mengarahkan informasi atau tugas yang tidak jelas sehingga menyebabkan lingkungan kerja merasa tertekan apalagi jika sebagai atasan tidak ingin mendengarkan feedback/saran dari bawahan-nya.
3. Beban Kerja yang Berlebihan (Burnout)
Jam kerja diluar batas normal, jam lembur berlebihan, membuat stress, kelelahan, bahkan kondisi fisik yang menurun yang membuat keseimbangan antara para pekerja dengan tugas kerjaan menjaditidak seimbang bahkan terganggu.
4. Kurangnya Apresiasi
Ketika karyawan telah mendedikasikan dirinya dengan maximal dan perusahaan menutup mata dan telinga dengan hal ini maka dapat membuat karyawan kehilangan motivasi nya.
Lalu bagaimana peran Generasi Z dengan budaya kerja saat ini?
Generasi Z dikenal sebagai generasi yang cerdas karena sudah dimajukan oeh teknologi, selain itu keberanian Gen-z unrtuk bersuara ketika menghadapi keganjalan di dunia kerja yang negatif, walaupun tidak semua Gen-Z memiliki mentality seperti ini tapi perubahan positif ini kebanyakan dibawa oleh Gen-Z. Fakta dan Riset nya adalah:
Sekitar 49% Gen Z memilih bekerja di perusahaan yang nilai-nilainya sejalan dengan nilai pribadi mereka, meskipun gaji lebih rendah (Deloitte Global, 2023). Â Mereka cenderung mencari perusahaan yang mengedepankan keberagaman, inklusi, dan tanggung jawab sosial
Berikut peran Gen-Z dalam mebawa perubahan positif di dunia kerja, apa saja?
1. Work Life Balance
Mereka menolak budaya kerja yang membuat kehidupan pribadi mereka terganggu, pulang kerja dengan tepat waktu/tenggo adalah hal utama untuk mereka demi kesehatan mental dan emosional mereka.