Mohon tunggu...
Sissy NH
Sissy NH Mohon Tunggu... Homo Sapiens

Beginikah rasanya menulis?

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Merayakan Waktu Bebasku

30 April 2019   19:00 Diperbarui: 30 April 2019   19:04 36 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merayakan Waktu Bebasku
https://rikkisnyder.com

Waktu luang adalah termasuk yang kutunggu. Sungguh lucu. Padahal pekerjaan, adalah yang paling kuutamakan dalam hari-hariku. Itu karena alasan sederhana saja. Tidak bekerja, berarti tidak makan.

Kini waktu untuk beristirahatku tiba juga, setelah seharian bekerja.

Hmm.. begitu banyak pilihan, dari sekadar menikmati tayangan di televisi, hingga merawat mawar di halaman. Namun tak mungkin melakukan kesemua itu secara bersamaan, bukan?

Jujur saja, ada satu hal yang paling menjadi pilihan favoritku, yakni membaca buku.

Hal pertama dalam ritual perayaan ini adalah dengan mengelus mesra sampul buku alias cover-nya. Kupandangi dengan mesra judul buku yang menghias di mukanya. Seakan ia pun balas berkedip, mengajakku untuk menebak isi tubuhnya. Warna dan gambar ilustrasi mulai berpendar ceria, menari-nari di sekitar indra penglihatanku. Sampul buku ini buatku, bagai pintu gerbang untuk menyelami samudera ilmu.

Kubuka jendela substansinya, dengan tak sabar, seakan seseorang yang dalam keadaan dahaga dan ketakutan sebelum kehabisan ide maupun cerita.

Aliran pengetahuan berebut masuk ke dalam benakku. Di antara pilar-pilar bab dan aksara, pada lembaran-lembarannya, aku terperangkap dengan rela.

Terserah pada suasana hati ini, untuk menyerapnya secara intens.

Kadang ia melintas bagai bayangan, lewat begitu saja. Namun terkadang pula ia bagai sepotong roti yang empuk, lembut, dan begitu penurut untuk dicerna.

Nikmat sangat.

Rasa puas melanda di dada setelah mengubah ketidaktahuan menjadi (sedikit) lebih tahu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN