Mohon tunggu...
Muhammad RafliHidayatulloh
Muhammad RafliHidayatulloh Mohon Tunggu... Lainnya - sedang mencari

"kehidupan memanglah sulit, tetaplah jalani dengan hati ikhlas, terus berusaha dan tawakkal, hadapi dan coba untuk yang terbaik"

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Dukungan Keluarga terhadap Peningkatan Motivasi Kerja

7 Oktober 2021   12:02 Diperbarui: 7 Oktober 2021   12:05 101 2 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jika berbicara mengenai motivasi kerja, motivasi tersebut dapat bersumber dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor Internal merupakan faktor yang berasal dalam diri sesorang, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorang. salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi kerja ialah faktor dari keluarga. 

Sebagai orang terdekat, keluarga seharusnya bisa menjadi support bagi seseorang untuk menambah motivasi dalam melakukan suatu pekerjaan. Karena dukungan keluarga juga memiliki peran penting bagi seseorang untuk bisa menjalankan suatu pekerjaan dengan baik dan maksimal.

Sesama anggota keluarga semestinya bisa saling memberikan sikap dan tindakan yang berupa dorongan agar tercipta suatu motivasi bagi sesama anggota keluarga dalam kaitannya untuk menambah kualitas kinerja seseorang. Karena pada hakekatnya dukungan dari sesama anggota keluarga, termasuk dari orang tua, bisa memperkuat setiap individu, memperbesar penghargaan terhadap diri sendiri, serta mempunyai relevansi dalam masyarakat yang berada dalam lingkungan yang penuh dengan tekanan.

Dukungan yang diberikan oleh keluarga dapat memenuhi kebutuhan sosio emosional seorang karyawan atau pegawai serta membantu mereka unutk mengurangi stres yang mereka alami di tempat mereka bekerja. Kemudian, dukungan dari keluarga juga dapat memberi keuntungan positif bagi kesehatan dan dapat meningkatkan kemampuan dalam menghadapi stressor (faktor-faktor dalam kehidupan manusia yang mengakibatkan terjadinya respon stress pada diri seseorang). 

Keluarga merupakan aspek yang paling kecil dalam lingkup masyarakat namun keluarga memiliki pengaruh yang sangat besar pada kehidupan seseorang khususnya dalam bidang kesehatan. Keluarga memiliki peran aktif dalam membantu sesama anggota keluarga yang tengah berjuang dalam menjalankan atau melaksanakan tugas maupun masalah yang dihadapi. 

Selain itu, dukungan dari keluarga juga merupakan dukungan yang pertama dan utama yang didapatkan dalam bentuk yakni berupa dukungan emosional, dukungan dukungan sosial, finansial maupun dukungan dalam melaksanakan tugasnya. Yang mana, dukungan dari keluarga tersebut dapat disampaikan dalam bentuk nasihat, informasi, barang, atau jasa yang membuat seseorang atau penerima dapat merasa dihargai dan disayangi oleh sesama anggota keluarga.

Dukungan dari keluarga sangat dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi kerja seseorang, hal ini dikarenakan salah satu motivasi terbesar dalam diri manusia adalah keluarga, sehingga ketika seorang karyawan atau pekerja yang dalam dirinya memiliki motivasi yang rendah saat tengah menjalankan tugas, maka keluarga yang dapat memberikan dukungan agar motivasi kerja pegawai tersebut dapat meningkat. 

Meningkatnya motivasi kerja seseorang meruapakan hal yang sangat dibutuhkan karena dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja seseorang. Seorang pegawai atau pekerja dengan motivasi kerja yang tinggi memiliki perilaku yang terarah serta terdorong untuk melaksanakan pekerjaannya secara maksimal agar kedepannya tujuan kerja dapat tercapai. 

Maka dari itu, dalam hal ini aspek keluaga memiliki peran penting dalam mendorong motivasi kerja demi meningkatkan kinerja seorang pegawai atau pekerja itu sendiri.

Apa saja jenis-jenis dukungan keluarga?

 Dukungan yang diberikan oleh kelurga juga dapat terbagi dalam beberapa bentuk, yang diantaranya ialah:

a. Dukungan Emosional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan