Mohon tunggu...
Puspa Oktaningrum
Puspa Oktaningrum Mohon Tunggu... Guru - Puspa Oktaningrum

Nama lengkap saya adalah Sri Puspa Oktaningrum. Saya adalah ibu dari empat orang anak yang menyambi sebagai guru di MTs. Negeri 24 Jakarta. Saya masih dalam tahap belajar menulis. Semoga semakin lama tulisan saya semakin baik dan dapat dinikmati pembaca segala usia. InsyaAllah

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Ayah

15 Maret 2022   09:47 Diperbarui: 15 Maret 2022   10:00 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayani saghira---Wahai Pemeliharaku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihilah mereka sebagaimana mereka merawat aku di waktu kecil.

                                                            ***

                "Na, ayo pulang! Sudah asar. Salat dulu! ujar ayah."

                "Aku masih mau main, Pak! balasku sambil memelas.

                "Ingat, pahala salat asar besar, Nak! Rayu ayah."

                Mendengar pahala yang diiming-imingi ayah, aku langsung bergegas menggandeng tangannya untuk segera pulang.

                                                            ***

                "Pak, Bapak tidak salat Jumat?" tanyaku.

                "Nanti saja! Nanti Bapak salat zuhur sebentar lagi," balas ayahku dengan santai sambil terus membaca bukunya.

                Entah apa yang dipikirkan oleh ayahku. Perihal salat Jumat beliau agak masa bodo. Padahal, aku melihat beliau setiap qobla magrib selalu ke masjid untuk mengimami jamaah musala kampung kami. Pernah kami berdiskusi masalah in, tetapi ayah selalu bersikeras dengan pendapatnya. Sebagai anak yang saat itu baru pula belajar agama, argumen ayah terlalu kuat untuk dipatahkan.

                                                             ***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun