Mohon tunggu...
Puja Nor Fajariyah
Puja Nor Fajariyah Mohon Tunggu... Mahasiswa, Aktivis Pelajar Islam Indonesia, Kuligrafis

Kia Ora! Find me on ig @puja.nf

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Trust Issue, Kekhawatiran Berlebihan Akan Pengkhianatan yang Perlu Kamu Tahu

16 Mei 2021   17:57 Diperbarui: 16 Mei 2021   18:00 174 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Trust Issue, Kekhawatiran Berlebihan Akan Pengkhianatan yang Perlu Kamu Tahu
Ilustrasi Trust Issue

"Tak apa kamu pernah disakiti berkali-kali. Percayalah bahwa setiap manusia yang kuat, adalah mereka yang hidupnya penuh dengan uji"

-Puja Nor Fajariyah

Kalau kamu ditanya, gimana sih rasanya dikhianati? Atau gimana sih rasanya ditinggal pas lagi sayang-sayangnya? Pasti kalau kamu pernah mengalami hal yang seperti ini, maka tentu saja akan membuat kamu sakit hati bahkan bisa jadi kamu akan menjadi trauma untuk kembali pada kondisi yang sama di lain waktu. Iya tidak? 

Percaya atau tidak, kondisi seperti ini memang sudah normal akan kamu lakukan kalau kamu merasakan hal yang aku katakan tadi. Sebagaimana banyak kutipann bijak yang berkata siapa yang mau kembali jatuh ke lubang yang sama? Positifnya, hal ini sebenarnya adalah bentuk kehati-hatian diri dan perlindungan diri dari alam bawah sadar kita. 

Well, kali ini aku ingin membahas mengenai hal ini namun tentu saja dari sudut pandang psikologi. Suatu hal yang memang sering terjadi dalam kehidupan kita ini dan terkadang kita sendiri tidak menyadari akan hal ini. 

Aku sendiri pernah berada pada kondisi yang seperti ini dan jujur saja memang sulit untuk bisa lepas dengan hal ini. Memang butuh waktu, aku sadari sendiri. 

So, kali ini aku ingin sedikit berbagi mengenai psikologi trust issue. Kalau kamu penasaran mengenai hal ini, aku sarankan kamu untuk membaca tulisan ini hingga selesai agar kamu mendapatkan insight atas apa yang aku bagikan. 

Berdasarkan pengertiannya, trust issue ini merupakan bentuk masalah yang menyangkut dengan kepercayaan diri disertai takut akan pengkhianatan, pengabaian, atau manipulasi atas dirinya.

Tentu saja aku yakin banyak dari kita yang pernah mengalami hal ini setidaknya satu kali dalam hidup kita. Adapun bentuknya dalam keseharian seperti sulit memercayai pasangan kita, orang tua, atau bahkan dokter kita sendiri ketika kamu tengah berobat. 

Biasanya, rasa tidak percaya ini dipicu oleh trauma masa lalu yang tak menyenangkan antara kita dengan seseorang atau peristiwa yang memicu traumatis tadi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN