Mohon tunggu...
Puja Nor Fajariyah
Puja Nor Fajariyah Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa, Aktivis Pelajar Islam Indonesia, Kuligrafis

Kia Ora! Find me on ig @puja.nf

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Stop "Self-Harm", Melukai Fisik Bukan Obat yang Tepat untuk Menyembuhkan Luka Batin

25 Desember 2020   15:59 Diperbarui: 31 Desember 2020   14:31 1135 28 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Stop "Self-Harm", Melukai Fisik Bukan Obat yang Tepat untuk Menyembuhkan Luka Batin
Ilustrasi (Sumber: www.medicaldaily.com)

"Menangis adalah salah satu cara untuk membersihkan hati" (Lim Jugyeong)

Tidak semua masalah bisa kita kontrol dan tidak semua masalah itu bisa cepat selesai atau selesai dengan sendirinya. Dan terkadang untuk tetap merasa in-control, kamu sampai harus melakukan tindakan berbahaya. 

Beberapa orang yang merasa gagal, tersakiti, dan bahkan benci dengan dirinya sendiri. Ada juga yang berusaha mengontrol rasa sakitnya mental mereka adalah dengan merubah bentuknya. Dari yang awalnya rasa sakit itu terasa secara psikis, menjadi sakit secara fisik. 

Mungkin itu bisa terjadi pada diri kamu, mungkin kamu pernah mengalami hal ini, mungkin kamu sekarang sedang merasakan hal ini, dan mungkin saja ini terjadi pada orang-orang di sekitar kamu. 

Dan kali ini, aku akan mencoba sedikit membahas mengenai bagaimana caranya kita untuk merubah hal itu. Kali ini kita akan belajar bersama mengenai self-harm dan mengapa orang-orang bisa melakukan hal itu, mengapa kamu berisiko untuk melakukan itu, dan bagaimana seharusnya kita menanggapinya secara baik.

Ketika seseorang melakukan tindakan apapun secara disengaja untuk meninggalkan rasa sakit atau kerusakan di tubuhnya sendiri, itu sudah bisa dikatakan sebagai self-harm atau self injury

Biasanya bentuknya yang mungkin kalian cukup tahu adalah menggores kulit dengan benda tajam, menyundut kulit dengan bara api, atau mengorek-ngorek kulit hingga terluka.

Karena aku merupakan Webtoon-holic dan saat ini aku tengah menonton salah satu drama Korea yang memang terinspirasi dari Webtoon yang aku sudah baca dari tahun 2018 yaitu, "The Secret Of Angel" atau "True Beauty", pada episode 6. Setidaknya ada adegan di mana Park Yoo-na yang berperan sebagai Kang Soo Jin melakukan self harm terhadap dirinya sendiri dengan membasuh tangannya keras-keras di air mengalir hingga ia kesakitan.

Tangkapan Layar Drama True Beauty Eps. 6-Kang Soo Jin Melakukan Self-Harm (Dok.Pribadi)
Tangkapan Layar Drama True Beauty Eps. 6-Kang Soo Jin Melakukan Self-Harm (Dok.Pribadi)

Akan tetapi, self-harm ini tidak selalu menimbulkan luka yang terlihat. Bentuk self-harm lain itu dapat menimbulkan luka internal. Misalkan, konsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, atau misalnya juga bisa berhubungan seks tanpa perlindungan itu juga bisa dikategorikan sebagai self-harm apabila motifnya adalah meluapkan emosi negatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x