Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Olahraga Minimalis agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

29 April 2021   08:44 Diperbarui: 29 April 2021   09:12 247 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Olahraga Minimalis agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa
Fungsi dari olahraga ringan ini adalah untuk menguatkan paru-paru (dokpri)

Jujur saja, aku bukan termasuk orang yang gemar dan rajin berolahraga. Meski begitu, setiap hari setidaknya aku meluangkan waktu beberapa menit untuk menggerakkan tubuh alias berolahraga ringan.

Aku sadar betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Terlebih di masa pandemi seperti ini.

Mengapa olahraga penting selama saat-saat seperti ini?

Seperti yang selalu dikampanyekan ahli kesehatan mana pun juga, olahraga ringan berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

Mengutip artikel dari Harvard, sama seperti diet makanan sehat, olahraga dapat berkontribusi pada kesehatan umum yang baik dan oleh karena itu pada sistem kekebalan yang sehat. Olahraga ringan berkontribusi langsung pada sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan sirkulasi darah yang baik, yang memungkinkan sel dan zat dari sistem kekebalan untuk bergerak melalui tubuh dengan bebas dan melakukan tugasnya secara efisien.

Olahraga ringan yang sering kulakukan hanya jalan-jalan di sekeliling komplek perumahan bersama ibu mertuaku. Aku tahu ini kedengarannya terlalu sederhana. Tapi, jangan sekali-kali meremehkan aktivitas jalan-jalan di luar rumah.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang berjalan kaki 4.400 langkah per hari memiliki risiko kematian dini 41% lebih rendah daripada mereka yang kurang jalan kaki dari 2.700 langkah.

Selain jalan-jalan, olahraga ringan lainnya kulakukan hanya untuk sekedar menggerakkan tangan dan kaki. Berhubung aku bukan tipe olahragawan, kucari referensi jenis olahraga ringan yang bisa kulakukan di rumah saja, tanpa menyita banyak waktu namun tetap dapat berkontribusi pada kesehatan tubuh kita.

Salah satu tips yang kutemukan disampaikan Brett Bartholomew, pelatih fisik pemain NFL dan penulis buku Conscius Coaching.

"Kebiasaan bekerja. Konsistensi berhasil. Semakin sederhana sesuatu, semakin tak terhapuskan. "

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN