Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Merayakan Masa Pensiun dengan Penuh Kebahagiaan

10 Agustus 2021   20:34 Diperbarui: 10 Agustus 2021   20:50 93 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Merayakan Masa Pensiun dengan Penuh Kebahagiaan
Ilustrasi Merayakan Masa Pensiun - Sumber : kompas.com

"Mencoba mengamati orang-orang di sekitar yang telah memasuki masa pensiun atau purna tugas. Terdapat energi positif yang tersirat dari senyumnya. Sebuah kepuasan batin mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan hal ini dirayakan dengan wujud syukur yang nyata."

Mencoba mengamati orang-orang yang ada di sekitar sebagai wujud pembelajaran dan menyiapkan masa pensiun jika tiba saatnya nanti. Hal ini dapat menjadi suatu momen kebahagiaan namun juga dapat pula menjadi momen terjebak dalam kekhawatiran dan kecemasan berkepanjangan. Hal ini rasanya perlu disiasati dan disiapkan sedini mungkin agar tetap dapat bahagia setelah purna tugas nantinya. 

Menyiapkan hal-hal penting apa saja yang memang harus disiapkan agar tetap dapat produktif di masa pensiun. Bak sebuah roda, kehidupan pun berjalan berputar. 

Momen pensiun merupakan titik dimana perlahan mulai melepaskan masa-masa kejayaan saat berada pada puncak karir. Menyikapi hal ini perlu kebijaksanaan tingkat tinggi agar dapat menerima sebuah kenyataan sepenuh hati.

Sebuah Perayaan Menghirup Kebebasan

"Udara bebas akhirnya datang juga setelah sekian lama terjebak dalam rutinitas pekerjaan akhirnya mampu menyelesaikan dengan sempurna. Kini saatnya menghirup kebebasan dan menikmati hari tua bersama keluarga."

Sebuah kebahagiaan terpancar dari sorot mata yang menandakan bahwasannya memasuki masa pensiun merupakan momen yang harus dirayakan. Mendapati hal ini terjadi pada orang-orang yang dalam karir pekerjaannya benar-benar menikmati dan melakukan sepenuh hati. 

Lalu hingga tiba masa pensiun tiba, momen itu bagaikan sebuah pertandingan sepakbola dimana peluit panjang tanda akhir pertandingan dibunyikan dan mampu bermain baik dan meraih kemenangan.

 Satu kata yang dapat menggambarkan hal tersebut adalah kata 'puas'. Mengakhiri pertandingan dengan gembira dan siap menyongsong hari-hari selanjutnya dengan kegiatan positif lainnya. 

Dari orang-orang seperti inilah dapat dipetik sebuah pembelajaran hidup yang sangat penting. Yaitu tentang dedikasi tinggi dalam bekerja dan berkarir serta tentang bagaimana menyiapkan diri untuk menerima sebuah kenyataan dengan kegembiraan serta rasa syukur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan