Mohon tunggu...
SYAHIRUL ALEM
SYAHIRUL ALEM Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan

hobi Menulis dan Berkebun Profesi Pustakawan dan wirausaha

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Merayakan Idul Fitri dengan Bahagia

9 April 2024   12:50 Diperbarui: 9 April 2024   12:58 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Gema Takbir & tahmid akan segera berkumandang menggema di langit, tabuhan bedug akan bertalu-talu saling bersautan baik di masjid maupun takbir keliling. Panitia Zakat sibuk membagikan zakat di masjid masing-masing. Itulah moment indah malam takbiran menyambut 1 Syawal 1445 H. seluruh insan manusia menyatu duduk sama rendah melekatkan tali persaudaraan sebagai sesama muslim. Pintu maaf selalu terbuka di hati masing-masing pada siapun saudara sesama muslim ataupun juga sesama manusia, momen indah tersebut akan terus melekat pada siapapun dalam merayakan hari nan-fitri ini.

Saudara nan jauh yang biasannya bertemu lewat komunikasi Whatshap kini bisa bertatap muka langsung saling bersendau gurau menanyakan kabar masing-masing. Idul Fitri telah menyatukan jiwa-jiwa manusia dari sikap permusuhan, kebencingan maupun pertentangan. Itulah nikmat yang luar biasa yang diberikan Allah SWT pada hambanya yang telah sebulan penuh menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

Semua sibuk menyambut kedatangan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H, kesibukan tersebut hampir terlihat juga di tempat-tempat umum bahkan melibatkan juga institusi Negara. Seperti kesiapan mudik yang menyibukan dinas perhubungan dan pihak aparat keamanan polisi dan TNI melalui Posko-posko yang dibangun sepanjang jalan untuk kenyamanan para pemudik kembali ke kampong halamannya.

Kesibukan di Kota-kota besar yang hampir tidak pernah tidur sejenak mereda di tinggal pulang warganya. Hmapir di setiap penjuru kota di tanah air selalu ramai oleh masyarakat yang merayakan Idul Fitri 1445 H. Tempat-tempat Wisata maupun juga Kuliner adalah tempat favorit untuk berkumpul bersama keluarga. Tidak peduli berapapu pengeluaran sehari-hari di hari raya Idul Fitri ini yang penting semuanya bahagia. Bagi yang memiliki penyakit, hari raya Idul Fitri adalah obat yang mujarab untuk menumbuhkan rasa bahagia pada dirinya, Diharapkan dengan kebahagiaan yang terpancar mampu meringankan beban penyakitnya, apalagi sanak saudara yang dirindukan bisa bertemu kembali.

Di pagi hari tanggal 1 Syawal 1445 H semua umat Islam berbondong-bondong menjalankan sholat Idul Fitri bersama keluarga masing-masing. Mendengarkan Khutbah Sang Khatib sebagai penyejuk iman hambanya pasca Ibadah Ramadhan baik di masjid maupun juga yang di lapangan, Begitu Indahnya Umat Islam bersatu dan bersaudara saat hari raya Idul fitri tanpa memandang jabatan ataupun kedudukan masing-masing. Karena status sosial selama ini yang membuat persaudaraan jadi saling menjauh.

Kue-kue khas lebaran adalah pelengkap kebahagian bersama, di setiap rumah selalu ada untuk para tamu yang bersilaturahim, itulah nikmatnya berlebaran saling berkunjung melekatkan tali silaturahim meskipun satu tahun sekali setidaknya lebih baik daripada tidak sama sekali. Karena kedatangan bertamu akan membuat tuan rumah menjadi senang meskipun rumahnya sederhana sekalipun. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Mohon Ma'af Lahir Batin.

(Syahirul Alem, Pustakawan SMP Muhammadiyah 1 Kudus)

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun