Mohon tunggu...
P Joko Purwanto
P Joko Purwanto Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Becoming added value for individual and institute, deeply having awareness of personal branding, being healthy in learning and growth, internal, external perspective in order to reach my vision in life, and increasingly becoming enthusiastic (passion), empathy, creative, innovative, and highly-motivated.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dimensi #2: Hubungan Positif (3/10)

3 Desember 2022   00:10 Diperbarui: 21 Desember 2022   23:56 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dimensi #2: Hubungan Positif (Flickr)

DIMENSI #2: HUBUNGAN POSITIF (3/10)


Ikhtisar

Hubungan positif dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah jantung dari pembelajaran yang sukses, apakah hubungan tersebut didefinisikan sebagai istilah “rasa hormat dan hubungan baik” (respect and rapport) (Danielson, 2007), “hubungan efektif” (effective relationships) (Marzano, 2007), ataupun “pembangunan hubungan pribadi” (personal relationship building) (Saphier, Haley -Speca, & Gower, 2008). Dalam merancang pertanyaan penilaian diri ini — yang paling pribadi dari semua pilar — kita diajak merefleksikan bagaimana pentingnya interaksi positif di kelas.

Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.

1    Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

2    Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

3    Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.

4    Pakar - Saya melihat ini sebagai kekuatan saya. Saya dapat mengadaptasinya agar sesuai dengan kebutuhan siswa saya dan melihat hasil positif yang konsisten dan signifikan dalam prestasi siswa.

NA Not Applicable - Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.

Indikator Instruksional

Bagaimana Anda menilai diri sendiri pada dalam hal ... (beri tanda centang)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun