Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Apa Saja yang Menarik dari Orangutan?

28 Agustus 2015   15:54 Diperbarui: 28 Agustus 2015   15:54 0 10 5 Mohon Tunggu...

Orangutan bernama Codet yang hidup di Gunung Palung. foto dok. Tim Laman

Kita sering sekali mendengar tentang orangutan dari berbagai media ataupun melihat secara langsung satwa yang saat ini termasuk satwa endemik (langka). Apa sajakah yang menarik dari orangutan tersebut?.

Seperti diketahui, orangutan merupakan salah satu kera besar yang hanya terdapat di wilayah hutan tropis di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Di Kalimantan Orangutan memiliki tiga sub spesies yaitu; Pongo pygmaeus pygmaeus, Pongo Wrumbii yang sebarannya di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan di Kalimantan Timur adalah Pongo pygmaeus Morio. Untuk di Sumatra, hanya satu sub spesies orangutan Sumatera ialah Pongo Abelii. Sedangkan di luar wilayah Indonesia, orangutan terdapat di Malaysia yaitu di wilayah Sabah; Pongo pygmaeus Morio dan di Sarawak; Pongo pygmaeus pygmaeus.

Orangutan memiliki bulu yang khas yaitu berbulu coklat kemerah-merahan. Selain itu, menurut para ilmuan menyimpulkan bahwa orangutan memiliki 96,4 persen kemiripan genetik dengan manusia.

Orangutan memiliki 96,4 persen kemiripan genetik dengan manusia. foto dok. internet

Adapun Habitat Orangutan itu hidup di daerah tropis dataran rendah, rawa, sampai hutan perbukitan dengan ketinggian hingga 1000 meter diatas permukaan laut. Umumnya orangutan hidup di hutan primer dan sekunder. Orangutan biasanya hidup di atas pohon dan jarang turun ke tanah (mamalia arboreal).

Morfologi (tampak fisik) Orangutan ; Orangutan adalah mamalia arboreal terbesar di dunia. Tangan dan kakinya sangat fleksibel (lentur) Ukuran orangutan jantan bisa 2 kali lebih besar dari betina. Ada dua macam jantan: “flanged” = punya pipi besar dan kantung tenggorokan, mereka paling kuat dan memiliki wilayah sendiri dan “unflanged” = pipinya kecil, tidak punya kantung tenggorokan, mereka kurang dominan.

Sedangkan dilihat dari perilakunya, orangutan termasuk hewan diurnal (hewan yang aktif di siang hari) dan quadropedal (dapat menggunakan kaki dan tangan secara bersamaan untuk beraktivitas). Orangutan bangun dari tidurnya pada pukul 05.00 wib-06.00 wib untuk mencari makanan dan membangun sarang baru setiap hari, biasanya antara pukul 16.00-17.00 wib. Orangutan tidak hidup dalam kelompok, mereka biasanya berjalan sendirian dan jarang bertemu orangutan lain (kecuali untuk induk dan bayinya).

Adapun sistem reproduksi dari orangutan antara lain; orangutan betina mengandung 8,5 bulan. Rata-rata hanya memiliki tiga keturunan sepanjang hidupnya dan hanya melahirkan seekor anak setiap tujuh sampai delapan tahun sekali. Sedangkan jarak waktu melahirkan bayi paling lama diantara semua mamalia. Biasanya, bayi orangutan hingga meranjak dewasa akan bersama ibunya hingga usia enam hingga tujuh tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3