Indonesia hingga saat ini masih berada di masa Pandemi covid-19 yang cukup berdampak signifikan terhadap segala aktivitas masyarakat. Salah satu kegiatan yang sangat terdampak dari Pandemi covid-19 ini adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Akibat dari Pandemi covid-19 ini Kegiatan Belajar Mengajar yang awalnya dilakukan secara langsung, kini dilakukan secara online. Seperti kegiatan KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia yang bertemakan Literasi dan  Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional ini jugadilaksanakan secara online.
Latar belakang diangkatnya tema tersebut karena Indonesia saat ini menjadi negara yang mendapatkan skor Programme for Internasional Student Asessment (PISA) terendah. Melihat dari laporan Programme for Internasional Student Asessment (PISA) pada akhir tahun 2019, skor membaca masyarakat di indonesia berada pada peringkat 72 dari 77 negara, skor matematika berada pada peringkat 72 dari 78 negara, dan skor sains berada pada peringkat 70 dari 78 negara.
Maka dari itu Universitas Pendidikan Indonesia mengangkat tema tersebut untuk berpartisipasi dalam menyelamatkan Pendidikan Literasi di Indonesia khususnya meningkatkan Literasi anak sejak  dini. Dengan melihat kondisi di lapangan, minat baca dari anak-anak masih sangat kurang. Dengan dilakukannya kegiatan KKN Tematik Literasi ini, diharapkan dapat meningkatan kemampuan literasi anak.
Dalam pendidikan, literasi sangat penting bagi semua orang karena dengan berliterasi kita dapat memperoleh berbagai informasi yang dapat bermanfaat bagi kehidupan kita. Literasi dapat membuat kita berpikir lebih baik, karena literasi menambah wawasan pengetahuan dan dapat meningkatkan konsentrasi
Literasi merupakan kepandaian dalam berbahasa, menulis, membaca, menghitung, dan berbicara serta menemukan solusi dalam setiap masalah. Literasi sendiri sangat penting dilakukan sejak dini, mulai dari masa tumbuh dan berkembang. Karena pada masa tersebutlah pola pikir dan daya tangkap pada anak sangat cepat dalam menyerap berbagai informasi yang berguna.
Dalam pembelajaran secara online ini ada banyak hambatan yang dihadapi oleh tenaga pengajar dan orangtua. Pembelajaran secara daring atau online ini dirasa kurang efektif, karena adanya berbagai hambatan dan tantangan baru yang harus dihadapi baik oleh guru, orangtua maupun siswa. Kegiatan KKN Tematik Literasi ini memberikan beberapa teknik atau tips mengajar untuk siswa serta memberikan edukasi mengenai literasi melalui media sosial. Berikut beberapa contoh kegiatan yang dilakukan Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dalam melaksanakan KKN Tematik Literasi ini:
- Memberikan bahan bacaan non pendidikan kepada anak melalui media pembelajaran GoogleMeet dan membaca serta membahasnya bersama
- Memberikan materi mengenai Literasi untuk didiskusikan dalam grup WhatsApp
- Memberikan poster mengenai Literasi dalam grup WhatsApp
- Mengenalkan Literasi Sains mengenai Sistem Tata Surya
- Mendampingi guru SD Negeri 111 Pindad dalam kegiatan belajar mengajar
- Memberikan tips dan trik untuk orangtua  dalam mendampingi anak meningkatkan Literasi
Proses kegiatan Literasi melalui media sosial diharapkan bisa membuat anak mengetahui tentang Literasi, manfaat Literasi, serta dapat meningkatkan kemampuan Literasi. Jadi dalam media elektronik anak-anak tidak hanya bermain game, namun mereka dapat meningkatkan kemampuan Literasi mulai dari membaca buku pelajaran maupun membaca buku diluar pelajaran. Dalam kegiatan meningkatkan kemampuan Literasi ini juga, peran orangtua dan keluarga sangat penting  dalam tercapainya tujuan dari Literasi ini.