Mohon tunggu...
Arief priatna suwendi
Arief priatna suwendi Mohon Tunggu... Relawan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Setiap orang mempunyai kelemahan demikianlah hukum Allah

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Desa Wisata, Edukasi, dan Religi "Sunan Gunung Jati" (1)

10 Juni 2020   01:41 Diperbarui: 10 Juni 2020   01:41 47 4 0 Mohon Tunggu...

Desa Wisata, Edukasi & Reliji "SUNAN GUNUNG JATI" 

( Jilid - 1)
....

 "Banyak cara Allah SWT, Tuhan YME menunjukan kecintaan kepada makhluknya. Hari ini (Selasa, 9/6) kembali saya dapatkan Itu, khususnya saat berada di Desa Mekar Sari Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan" buka diskusi virtual antara saya dengan Asep Rukmana, teman senasib seperjuangan sejak tahun 1996 dalam merintis Pembangunan KAMPOENG MANASIK,  PAWONWOOD Padalarang, PECAH REKOR 28/10/2015 Musium Tionghoa TMII, dan beberapa kegiatan Jurnalistik media cetak (Tabloid Otonomi Daerah, MediaUmmat, Koran Lembang, dsb)

DokPri
DokPri
Keberagaman aneka hayati merupakan anugrah dari Tuhan agar manusia hidup saling menghargai dan membutuhkan satu sama lainya, masih kata Asep. Demikian hal Itu telah Allah wariskan kepada bumi  kawasan timur Kabupaten Kuningan jawa barat ini.

DokPri
DokPri
Desa Mekar Sari mempunyai ini semua, selain potensi aliran sungai dan perbukitan  hijau kecil yang merajut seolah selendang Dayangsumbi ibunda Sangkuriang, ditambah kumpulan warisan leluhur berupa situs sejarah keagamaan, semua menyatu sehingga nampak unik dan memanjakan mata siapapun yang memandangnya.

DokPri
DokPri
Dok.MalaysiaPanorama
Dok.MalaysiaPanorama

Disini kelak akan dibangun Desa Wisata, Edukasi Dan Reliji SUNAN GUNUNG JATI, demikian janji dan mimpi kami.

Desa Mekar Sari memang diberikan semua, alamnya yang asri, bentangan sungai yang begitu panjang dan lebar bukan lagi sekedar hiasan namun  merupakan bagian salah satu dari aset desa yang harus segera dikembangkan guna kepentingan hajat hidup dan kemakmuran  orang banyak khususnya pemberdayaan warga setempat.

Dok.TheNewsMinute
Dok.TheNewsMinute
DokPri
DokPri
Sebagai  tamu tentunya menjadi penting untuk lebih awal menemui Kepala Desa Mekar sari, Carbu Surya yang kemudian akrabnya kami panggil 'Kang Kades Carbu.
Beliau sangat sederhana namun mempunyai kesepemahaman yang sama untuk selalu berbuat yang terbaik bagi warganya.

Dok.PxHere
Dok.PxHere
DokPri
DokPri
Pertemuan ini seolah merekatkan asa yang sama, beliau meyakini jika alam desa-nya telah siap berkompetisi dalam pengelolaan yang kelak akan selevel dengan potensi desa lain yang Ada di tanah air.

DokPri
DokPri
"Di Desa ini segalanya sudah ada,  kami membuka diri untuk siapapun bersama membangunnya agar lebih baik. Kami punya 7 dusun, yang uniknya nama dusun tersebut menggunakan nama hari, kami punya SDA dan SDM-nya, banyak potensi alam yang belum bisa dimanfaatkan secara keseluruhan baik pertanian irigasi mapun infrastrutur penunjang. Salah satu adalah lingkup irigasi yang berkaitan dengan aliran sungai Cisanggarung maupun aliran sungai Srigading yang bermuara di wilayah ini" demikian tanggapan awal 'Kang Kades Carbu.

Dok.AlamyStockFoto
Dok.AlamyStockFoto
Ditambahkannya, potensi 80 hektar lahan produktif pertanian pun ada disana. "Semua sudah tersedia disini, maka Itu kami membuka diri untuk siapapun yang mempunyai semangat dan kesepemahaman yang sama, Kesejahtraan warga dengan memanfaatkan SDA dan SDM Desa Mekarsari, Inshaa Allah", tutup beliau dan berjanji besok (Rabu,10/6) akan melanjutkan diskusi ini.

Dok.PemkabKuningan
Dok.PemkabKuningan
Bagi kami, apapun didasari terlebih dahulu melalui Analisys SWOT (SWOT Analisis), satu  metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam sesuatu hal apapun yang akan dikerjakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x